Air Terjun Grodo, Mini Niagara dari Bumi Mina Tani

Tinggi air terjun ini hanya sekitar lima meter saja tapi cukup lebar hingga dijuluki seperti mini Niagara dari Pati.

Solopos.com, PATI — Air terjun Grodo atau yang dikenal dengan Air Terjun Selonatah merupakan sebuah permata tersembunyi yang ada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Air terjun ini terletak di Dukuh Selonatah, Desa Gunungpanti, Kecamatan Wining, Kabupaten Pati.

Berdasarkan video yang diunggah di kanal Youtube Hadi Prayitno bertajuk “Air Terjun Grodo Selonatah Gunungpanti Winong Pati,” ternyata belum banyak yang tahu keberadaan air terjun ini. Hal ini disebabkan lokasi air terjun itu berada di pedalaman kawasan yang dijuluki Bumi Mina Tani.

Air terjun Grodo ini ini telrihat indah dan unik. Tidak seperti air terjun kebanyakan, di mana begitu tiba akan berada di depan/bawah air terjun. Di air terjun Grodo ini justru membawa pengunjung berada di atas air terjun. Selanjutnya, pengunjung harus menyebrangi sungai dan menuruni jalan setapak untuk sampai di depan air terjun Grodo. Tinggi air terjun ini hanya sekitar lima meter saja tapi cukup lebar hingga dijuluki mini Niagara dari Pati.

Baca Juga: Tragis! Main Hujan-hujanan, Balita Semarang Hanyut di Saluran Air

Menariknya lagi, di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas dengan air berwarna hijau muda dan tentunya sangat menyenangkan jika berenang atau sekadar bermain air di kolam tersebut. Lokasi wisata ini sekitar 32 km dari pusat Kabupaten Pati atau bisa ditempuh dalam waktu satu jam.

Unutk mengaksesnya, dari perempatan Pasar Tambakromo, belok kanan melewati Desa Keben, Desa Larangan, Dukuh Gayam (Desa Pohgading) hingga tiba di Dukuh Selonatah. Dari Dukuh Selonatah, pengunjung harus melewati jalan berbatu di antara ladang jagung sekitar 1,5 km hingga tiba di tempat parkir air terjun Grodo.

Dilihat dari letak geografisnya, Air Terjun Grodo ini berada di pegunungan kendeng sama persis dengan air terjun tadah hujan yang ada di Sukolilo Pati. Berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu atau dua buah air terjun dalam satu lokasi, air terjun Grodo ini memiliki lima Air Terjun sekaligus yang berjajar rapi sehingga membentuk pemandangan yang luar biasa.

Baca Juga: Prostitusi Gay di Solo Sudah Ada Sejak 5 Tahun, Ini Lokasinya

Air Terjun Grodo menawarkan pesona wisata alam baru dengan keindahan yang luar biasa. Tempat piknik yang cocok berlibur bersama keluarga terinta saat berwisata di Kabupaten Pati. Sajian alam dengan suasana mendamaikan di obyek wisata alam Air Terjun Grodo akan menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung hanya membayar Rp5.000 per orang dan belum termasuk biaya retribusi parkir.

Air Terjun Grodo buka setiap hari mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB. pengunjung bisa puas menjelajahi spot-spot menarik dari obyek wisata Air Terjun Grodo saat akhir pekan tiba.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago