SOLOPOS.COM - Suasana Sendang Ontrowulan di Objek Wisata Gunung Kemukus, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Rabu (4/5/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Di objek wisata religi Gunung Kemukus, Sumberlawang, Sragen, ada satu lokasi yang sayang kalau dilewatkan oleh pengunjung yang berwisata di tempat tersebut. Sendang Ontrowulan namanya.

Air sendang ini dipercaya bisa menyehatkan sekaligus membawa berkah. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Rabu (4/5/2022), lokasi sendang bisa ditemukan dengan menyusuri jalan kampung Gunung Kemukus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengunjung bisa menemukan petunjuk dan gapura menuju sendang tersebut. Lokasi sendang dengan pintu masuk kira-kira 300 meter. Terdapat area di dekat sedang sehingga turis bisa mengendarai kendaraan pribadi.

Pengunjung objek wisata Gunung Kemukus, Sragen, juga bisa berjalan kaki melewati promenade atau tempat untuk berjalan kaki menuju Sendang Ontrowulan. Lokasi sendang berada di ujung promenade. Air sedang bisa digunakan untuk mencuci muka serta dibawa pulang.

Ekspedisi Mudik 2024

Cara mengambilnya dengan memakai timba. Air bisa diambil kira-kira dua meter ke dalam sumur. Kawasan sendang terasa adem dengan adanya beberapa pohon besar, pendapa, gazebo, dan ruang khusus untuk sembahyang atau menjalankan ritual.

Baca Juga: Gunung Kemukus Bakal Diresmikan Puan, 120 Rumah Warga Dicat Warna-Warni

Ruangan khusus itu kondisinya tertutup rapat saat dikunjungi Solopos.com, Rabu. Pengunjung juga tak perlu khawatir jika butuh ke toilet sebab ada fasilitas itu di dekat sedang.

Penanggung Jawab Objek Wisata Gunung Kemukus Sragen, Marcellus Suparno, mengatakan sebelum pengunjung melakukan ziarah biasanya mencuci muka, mambawa air sendang Ontrowulan dengan botol, dan berdoa.

Makam Pangeran Samudra

Kemudian peziarah menuju Makam Pangeran Samudra dan ibunya, Ontrowulan. Kedua badan jenazah itu berada di satu nisan. “Diyakini air merupakan sumber kehidupan untuk semua mahkluk hidup. Sebisa mungkin air yang jernih atas doa dan kepercayaan kepada Tuhan apa yang menjadi permohonan dengan air akan sehat semua,” jelasnya.

Baca Juga: Wisatawan dari Luar Kota Serbu New Kemukus Sragen, Begini Suasananya

Disinggung mengenai mitos air Sendang Ontrowulan bisa membuat awet muda, Suparno menjawab tidak. Sebab ada peziarah datang dari kalangan orang tua namun memiliki jiwa muda.

Menurutnya, banyak orang datang ke Sendang Ontrowulan di objek wisata Gunung Kemukus, Sragen, kemudian mengambil air untuk dibawa pulang, antara lain para petani. Air yang telah didoakan diyakini membawa berkah berupa hasil panen maksimal setelah menyiramkan air sendang ke pematang sawah saat musim tanam.

Pengunjung yang berniat ziarah dengan hati yang suci, memohon ampun kepada Tuhan, dan mau bekerja keras, lanjut Marcellus Suparno, niscaya Tuhan akan mengabulkan permintaannya.

Baca Juga: 300 Keluarga Tak Perlu Bayar Tiket Masuk Kemukus Sragen, Kok Bisa?

Suparno mengatakan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pernah berziarah di Makam Pangeran Samudra.

Kisah Ontrowulan

Sementara itu, Sendang Ontrowulan di objek wisata Gunung Kemukus Sragen menyimpan kisah ketika Ontrowulan menuju ke pusara anaknya. Dia bisa bertemu dengan Pangeran Samudra lalu berbicara dalam mimpi.

Ontrowulan belum bisa bertemu dengan Pangeran Samudra sebab masih hidup di dunia. Ontrowulan diminta bersuci di salah satu belik atau sumur lama. “Akhirnya dari pusara ia teringat pembicaraan tadi dan berjalan sempoyongan menuju ke sendang,” jelasnya.

Baca Juga: Puan Resmikan Objek Wisata New Kemukus, Minta Ada Toilet Bersih

Dia mengatakan garwa selir memakai sesupe atau hiasan kembang di kepala. Ontrowulan mengibaskan sesupe lalu berjatuhan. Dengan doa kembang itu tumbuh menjadi sejumlah pohon besar langka di sekitar makam Pangeran Samudra, antara lain akar gelung.

Selanjutnya Ontrowulan membersihkan diri di belik dengan berdoa hingga akhirnya kekuatannya pulih kembali. Airnya mujarab karena diberkahi Tuhan. Dia melihat pusara dari sendang ada asap seperti kukus sehingga nama tempat dinamai Gunung Kemukus.

Sementara nama belik dinamakan Sendang Ontrowulan. Ontrowulan naik ke atas untuk berdoa sampai akhirnya meninggal dunia. Ontrowulan dimakamkan di samping badan Pangeran Samudra namun nisannya jadi satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya