SOLOPOS.COM - Minum air putih (Huffingtonpost)

Air minum dalam kemasan yang ditinggal di mobil tidak berbahaya.

Solopos.com, SOLO – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan kabar yang menyebutkan air minum dalam kemasan yang ditinggal di dalam mobil sangat berbahaya merupakan isu yang tidak benar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut diungkapkan dalam keterangan di situs resmi BPOM. Dalam keterangan tersebut disebutkan bahwa isu itu merupakan isu lama dan lembaga penelitian yang disebutkan dalam berita tersebut, (https://www.jhsph.edu/news/stories/2004/halden -dioxins-two.html), telah melakukan klarifikasi resmi terkait kebenaran berita tersebut.

“Dioxin tidak dapat dihasilkan dari kemasan plastik yang terpapar panas di dalam mobil atau plastik yang dibekukan,” dalam keterangan tersebut, Sabtu (17/3/2018).

Setiap jenis kemasan pangan baik berupa plastik, kertas ataupun lainnya berpotensi untuk melepaskan komponen penyusunnya ke dalam pangan yang dikemas. Perpindahan tersebut dapat meningkat dengan adanya suhu tinggi dan waktu kontak yang lama. Baca juga: Mikroplastik di Kemasan Air Minum Berbahaya? Ini Penjelasannya

Proses produksi yang baik dilakukan oleh industri untuk menjamin komponen penyusun yang terlepas sesuai dengan persyaratan dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan.

BPOM telah melakukan pengawasan dan kajian terhadap beberapa jenis kemasan plastik. Hasilnya menunjukan tingkat paparan masyarakat Indonesia masih dalam taraf aman.

Adapun terkait dengan penggunaan plastik di dalam microwave, tidak semua jenis plastik dapat digunakan di dalam microwave. Karena itu, masyarakat diimbau untuk membaca petunjuk pemakaian yang dicantumkan oleh produsen.

Dengan demikian, BPOM juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dan tidak menyebarluaskan isu terkait makanan dan kemasan pangan yang tidak terbukti kebenarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya