SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras (Pixabay)

Solopos.com, JAKARTA -- Air beras ternyata banyak manfaatnya. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu produk paling efektif untuk perawatan kulit di Korea Selatan.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa air beras memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Karena mengandung vitamin A, C, dan E.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu juga mengandung antioksidan yaitu Ferulic acid. Asam ini dikenal karena sifat anti-penuaannya, dan juga mendukung keefektifan vitamin A, B, C, dan E. Juga mengandung allantoin, yang mampu menenangkan dan mempercepat penyembuhan kulit yang terluka.

Jangan Asal Dipijit, Ini Solusi untuk Nyeri Pinggang

Ada dua cara untuk membuat air beras. Keduanya sama-sama efektif dan bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Terutama bila rutin digunakan pada wajah di setiap pagi.

Cara pertama adalah dengan merebus beras. Rasio yang disarankan adalah setengah cangkir beras dengan dua cangkir air bersih. Ini untuk mendapatkan hasil maksimal dari satu kali rebusan.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah beras harus dibilas sebelum Anda merebusnya, untuk menghilangkan kotoran. Setelah mendidih, tuang ke dalam wadah penyimpanan dan akan bertahan kurang lebih seminggu.

Mantap! Ada Varian Baru Mi Ayam Instan Wonogiren, Rasa Lebih Pedas

Cara kedua adalah ambil setengah cangkir beras dalam mangkuk. Cuci bersih kemudian rendam dalam dua cangkir air bersih.

Setelah beberapa jam, tiriskan dan pindahkan air ke nampan es batu lalu bekukan. Setiap pagi, ambil satu es dan pijat lembut pada wajah.

Manfaat Air Beras

Air beras dapat digunakan sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, serta dapat berfungsi sebagai krim alami yang mengobati kulit kemerahan akibat sinar matahari.

Juga sangat baik untuk kulit sensitif, karena secara alami menenangkan peradangan kulit, ruam dan membantu dalam mengobati jerawat serta mengencangkan pori-pori.

Ini Rincian Subsidi Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Tidak sampai di situ, antioksidan yang terkandung dalam air beras dapat membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan gelap, dan meminimalkan kerusakan radikal bebas dari lingkungan.

Kandungan vitamin serta mineral alaminya, juga mampu membantu mengurangi hiperpigmentasi, sehingga dapat meratakan warna kulit dan mencerahkan warna kulit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya