SOLOPOS.COM - Putut Gunawan (tengah) saat menyerahkan formulir Cawali-Cawawali kepada Achmad Purnomo di DPC PDIP Solo 16 sept 2019. (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sepak terjang Putut Gunawan, Wakil Ketua DPC PDIP Solo Bidang Pemenangan Pemilu, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Menurut keterangan koleganya sesama politikus kawakan dan pengurus DPC PDIP Solo, YF Sukasno, Putut punya sederet prestasi mentereng. Salah satunya, Putut pernah memimpin tim pemenangan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-FX Hadi Rudyatmo sebagai cawali-cawawali Solo dalam Pilkada 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Kabar Duka: Politikus Senior PDIP Solo Putut Gunawan Meninggal Dunia

Saat itu, pasangan Jokowi-Rudy menang telak dengan memperoleh 90,09 persen suara dari lawannya Edhy Wirabumi-Supradi Kertamenawi yang mendapat 9,91 persen suara.

Sukasno melanjutkan Putut kembali dipercaya sebagai Ketua Pemenangan Pilkada Solo tahun 2015 oleh DPC PDIP Solo. Saat itu partai berlambang kepala banteng moncong putih mengusung pasangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo.

Baca Juga : Ini Penyakit yang Diderita Politikus PDIP Solo Putut Gunawan

Pasangan tersebut melawan duet Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri. Lagi-lagi, paslon cawali-cawawali Solo yang diusung PDIP unggul dengan perolehan 60,39 persen suara sedangkan Anung-Fajri mendapat 39,61 persen suara.

Kiprah Putut tidak berhenti di situ saja. Menurut Sukasno, koleganya itu kembali memimpin pemenangan Pilkada Solo tahun 2020 di mana PDIP Solo mengusung pasangan cawali-cawawali Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

Baca Juga : Putut Gunawan Sumber Ilmu hingga Katalog Hidup Kuliner Soloraya

Dalam kontestasi itu Gibran-Teguh menang dengan perolehan 86,55 persen suara. Sementara lawan mereka, Bagyo Wahyono-FX Supardjo mendapat 13,45 persen suara. Sukasno menilai pengalaman Putut sebagai jurnalis yang menempanya sebagai politikus.

“Pendapat saya, karena beliau mantan wartawan maka banyak pengalaman dan paham akan strategi. Saya selalu menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan karena sering bersama beliau jadi saya paham betul,” ungkap dia.

Sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, Sukasno sangat kehilangan sosok sahabat dan rekan kerjanya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya