SOLOPOS.COM - Ilustrasi medsos (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Ahli ilmu komunikasi Dr. Pitoyo mengingatkan masyarakat tentang pentingnya sikap hati-hati dalam bermedia sosial.

Sikap hati-hati saat berbicara atau mengunggah pesan di media sosial penting, terutama yang terkait dengan masalah seks, agama, dan politik.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Isu seks, agama, dan politik, ketiganya masuk kategori tema yang sensitif dan multi tafsir untuk dibicarakan di media sosial. Ketiganya juga paling banyak menimbulkan pro kontra yang menyulut emosi,” jelas Pitoyo dalam webinar literasi digital Indonesia Makin Cakap Digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk komunitas digital di wilayah Bali–Nusa Tenggara, Selasa (17/8/2022).

Baca Juga: Warganet Kecewa Kasus Pencurian Cokelat di Alfamart Berakhir Damai

Ekspedisi Mudik 2024

Tidak jarang, katanya, persoalan tersebut berujung pada ujaran kebencian dan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Pitoyo berpesan agar netizen mampu membedakan antara sesuatu yang bersifat privasi dengan yang pribadi.
“Privasi itu seperti persoalan pekerjaan dan rumah tangga. Sedangkan pribadi, misalnya status dan keluarga. Jaga percakapan pribadi tetap pribadi,” tandas yang juga Ketua Umum Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung seperti Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Kasus Intimidasi Karyawan Alfamart oleh Pencuri Cokelat Berakhir Damai

Sementara pengajar Ilmu Komunikasi Institut Agama Islam (IAI) Hamzanwadi NW, Lombok Timur, Rizky Wulandari mengatakan meskipun kebebasan berekspresi merupakan hak setiap orang namun dalam beberapa keadaan kebebasan itu juga bisa menjadi ancaman karena kita juga harus menghormati privasi orang lain.

“Mengutip Anne Weber, ada risiko konflik antara kebebasan berekspresi dan larangan dari segala bentuk kebebasan ekspresi yang mengandung unsur kebencian,” ujar Kiky–panggilan akrabnya–di hadapan peserta webinar bertajuk Menjadi Netizen yang Bijak Dalam Bermedia Sosial yang juga diikuti secara nobar oleh komunitas digital di Lombok Tengah.

Baca Juga: Hotman Paris Jadi Kuasa Hukum Pegawai Alfamart, Begini Respons Warganet

Menurut Kiky, fakta menunjukkan ujaran kebencian dan kebebasan berekspresi telah mewarnai kehidupan manusia.

Sedangkan media sosial telah menjadi saluran komunikasi bagi setiap individu untuk melaksanakan hasrat kebebasan berekspresi.

“Untuk itu, penting berlaku santun di media sosial,” tegasnya.

Baca Juga: Viral Pegawai Alfamart Dipaksa Minta Maaf, Begini Komentar Warganet

Kiky menambahkan, ada lima cara mudah untuk menjaga etika di ruang digital. Di antaranya gunakan bahasa yang sopan, hindari informasi yang sensitif (SARA), hargai hasil karya orang lain (cantumkan sumber), bijak dalam meneruskan informasi (tidak langsung share), dan meminimalisasi informasi pribadi.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 yang merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan Siberkreasi dan mitra jejaring lainnya.

Baca Juga: Bela Pegawai yang Diancam Pencuri Cokelat, Begini Respons Alfamart

Kegiatan yang diagendakan digelar hingga awal Desember mendatang ini diharapkan mampu memberikan panduan kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas digital.

Kegiatan webinar yang merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten itu selalu membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama, yakni kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Baca Juga: Viral Pegawai Alfamart Dipaksa Minta Maaf, Begini Komentar Warganet

Sejak dilaksanakan pada 2017, Gerakan Nasional Literasi Digital telah menjangkau 12,6 juta warga masyarakat.

Pada tahun 2022, Kominfo menargetkan pemberian pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta warga masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya