SOLOPOS.COM - Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga bagi nakes di RSUD Kota Madiun, Jumat (6/8/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, SOLO — Booster vaksin tak bakal bermanfaat jika orang di sekitar belum menerima vaksinasi.

Menurut vaksinolog yang juga dokter spesialis penyakit dalam, dr. Dirga Sakti Rambe, orang yang disuntik vaksin sebanyak lima kali atau booster akan sia-sia jika orang yang ada di lingkungannya tak divaksinasi sama sekali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 Boyolali Seribuan Lebih, Mayoritas Menjalani Isoman

“Tidak efektif bila satu orang mendapatkan sampai lima kali suntikan vaksin, sementara orang-orang di sekitarnya tidak divaksin sama sekali. Karena itu, prioritasnya adalah memberikan akses vaksinasi kepada warga sebanyak mungkin,” jelas dia dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Kamis (5/8/2021).

Sedangkan menanggapi keraguan akan manfaat vaksin, dr Dirga mengutarakan, “4 miliar dosis vaksin telah disuntikkan secara global, kita dapat melihat bahwa vaksin aman dan efektif. Meskipun setelah divaksin kita tetap bisa terkena infeksi virus, vaksin menolong kita untuk terhindar dari risiko sakit berat bahkan kematian. Karena itu, harus vaksin selain disiplin prokes,” imbuh dia.

Baca Juga: BOR di Kulonprogo Turun Siginifikan Berada di Angka 69,3 Persen

Saat ini akses mendapatkan vaksin juga semakin mudah, masyarakat yang tak memiliki NIK dan ibu hamil pun sudah boleh mendapat suntikan vaksin. Hal ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pemerintah saat ini terus mengejar akselerasi agar target vaksinasi dapat selesai pada akhir tahun.

Baca Juga: Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Disalip Filipina Jelang Acara Penutupan

“Pencatatan, pelaporan dan distribusi vaksin dilakukan oleh Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri. Ketiga unsur ini bersinergi dengan pihak-pihak lain seperti pemerintah daerah, organisasi masyarakat, juga komunitas agar vaksin dapat menjangkau hingga pelosok daerah,” tambah Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi di kesempatan yang sama.

Baca Juga:  Kisi-kisi Terlengkap SKD CPNS 2021, Ingat Baik-baik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya