Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Agenda Solo Hari Ini: Penutupan Jembatan Mojo dan Jamasan Gamelan Sekaten

Agenda Kota Solo hari ini, Senin (26/9/2022), akan ada penutupan Jembatan Mojo, sementara di Keraton Solo ada acara jamasan pusaka Keraton.
SHARE
Agenda Solo Hari Ini: Penutupan Jembatan Mojo dan Jamasan Gamelan Sekaten
SOLOPOS.COM - Pengendara kendaraan bermotor melintasi Jembatan Mojo, Solo, Rabu (18/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Beberapa agenda akan mengisi Kota Solo pada hari ini, Senin (26/9/2022). Salah satunya akan sangat berdampak pada rutinitas sehari-hari warga, yakni penutupan Jembatan Mojo di Pasar Kliwon, Solo.

Penutupan untuk perbaikan jembatan ini membuat warga yang setiap hari melewati harus mencari jalur alternatif dengan berbagai plus minusnya. Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, Jembatan Mojo akan ditutup Senin ini mulai pukul 10.00 WIB.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sesuai rencana, penutupan jembatan tersebut akan berlangsung hingga 30 November. Ada tiga jalur alternatif yang bisa ditempuh warga selama Jembatan Mojo ditutup. Pertama lewat Jembatan Bacem di Sukoharjo yang artinya harus memutar melalui Jl Ciu sampai ke Bekonang.

Kedua melalui Jembatan Jurug C. Namun, di jembatan ini pengendara dari arah timur (Karanganyar) harus berbagi dengan kendaraan dari arah barat (Solo) karena Jembatan Jurug B juga ditutup untuk dibongkar dan diganti.

Alternatif ketiga selama agenda penutupan Jembatan Mojo Solo yang dimulai hari ini yakni melalui jalan tol yakni lewat pintu tol Kebakkramat/Sekip.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Ki Anom Suroto Pentas di ISI, Happy Asmara Goyang Sekaten

Agenda lainnya pada Senin ini yakni jamasan pusaka gamelan Kanjeng Kiai Guntur Madu dan Kanjeng Kiai Guntur Sari (disebut Sekati) di Bangsal Langen Katon kompleks Keraton Solo.

Gamelan ini dijamasi sebelum dikeluarkan dan diboyong menuju Bangsal Pradonggo atau Pagongan Masjid Agung pada 1 Oktober mendatang.

Sesampai di Pagongan, gamelan Sekaten itu akan ditabuh nonstop selama sepekan sampai pada puncak perayaan Sekaten yang ditandai dengan Grebeg Maulud pada 8 Oktober 2022.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Dara The Virgin di Sekaten, Joko Tingkir di Graha Wisata




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode