SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai kunjungan kerja ke sejumlah negara mulai dari Tiongkok, Myanmar, hingga Australia, Sabtu (8/11/2014).

Lawatan perdana Presiden ke-7 RI ke luar negeri itu dinilai penting untuk memperkuat kepentingan nasional seperti menarik lebih banyak investasi guna membangun Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pertemuan ini penting bagi kepentingan nasional kita,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla saat mengantar kepergian Presiden di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu.

Wapres memaparkan kepentingan nasional Indonesia antara lain sebagai upaya untuk meningkatkan investasi yang dinilai dapat membantu pengembangan infrastruktur di berbagai daerah di Tanah Air. (baca: Jokowi Bertemu Putin dan Obama)

Saat ini, Indonesia juga dinilai membutuhkan banyak investasi guna menunjang beragam program seperti tol laut yang bakal membantu mewujudkan konsep Poros Maritim Dunia yang digagas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan jangka waktu hingga enam bulan mendatang untuk pembentukan one-stop service atau pusat layanan perizinan investasi nasional yang terintegrasi.

“Saya berikan target 3-6 bulan yang namanya one-stop service nasional harus jadi,” kata Presiden Jokowi saat membuka acara Kompas CEO Forum di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Dengan demikian, menurut Presiden, pihak investor yang ingin mengurus perizinan hanya di satu tempat dan tidak harus berpindah-pindah dari satu kementerian ke kementerian yang lain.

Jokowi yang pernah menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu juga lebih menyarankan agar satu tempat untuk mengurus beragam perizinan itu di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya