SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pidato pada Dies Natalis ke-60 Undip di Stadion Undip, Semarang, Selasa (17/10/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) kali ini memberikan pidato di perayaan Dies Natalis ke-60 Undip.

Semarangpos.com, SEMARANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Universitas Diponegoro (Undip) melakukan inovasi pendidikan guna memenuhi kebutuhan menghadapi perubahan zaman di era digital seperti saat ini. Salah satu inovasi itu adalah dengan mendirikan program-program studi (studi) yang berorientasi ke digitalisasi, seperti Program Studi Ekonomi Digital.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara acara Dies Natalis ke-60 Undip yang digelar di Stadion Undip, Kampus Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah Selasa (17/10/2017). Jokowi menyebutkan sebagai institusi pendidikan yang memfasilitasi pendidikan generasi milenia atau Y Generation, Undip harus berani melakukan sederet perubahan guna menyesuaikan kebutuhan para mahasiswanya, salah satunya digitalisasi.

[Baca juga Akhirnya, Jokowi Kunjungi Undip Semarang]

“Saya titip [pesan] pada Pak Rektor, kita harus berani berubah. Universitas harus berani berubah. Bertransformasi dari yang sudah ada. Berkali-kali itu saya sampaikan,” ujar Jokowi di depan ratusan mahasiswa Undip.

Jokowi mencontohkan Fakultas Ekonomi di hampir semua perguruan tinggi memiliki Program Studi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi. Ia berharap pola lama itu diubah dengan mendirikan prodi yang sesuai dengan kebutuhan zaman, seperti Ekonomi Digital atau Finansial Teknologi.

“Selama ini belum ada universitas yang punya Jurusan Ekonomi Digital. Kalau ini bisa dilakukan Undip akan menjadi yang pertama dan mempelopori,” tutur mantan Wali Kota Solo itu.

Sementara itu, Rektor Undip Yos Johan Utama menyebutkan pada usia ke-60 tahun Undip terus mengalami perubahan dan perkembang ke arah yang lebih baik. Saat ini Undip bahkan menempati urutan keenam dalam peringkat nasional yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti).

“Undip akan terus berkembang dan menjadi universitas unggulan sesuai dengan visi kami Menuju Undip sebagai Universitas 500 Besar Ranking Dunia,” ujar Yos.

Selain menghadiri acara Dies Natalis ke-60 Undip, Jokowi juga mendatangi acara groundbreaking pembangunan apartemen yang digagas Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undip di kawasan Tembalang, Kota Semarang, Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya