SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di tangga Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia 1. (Setkab.go.id)

Agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jateng, Selasa (17/10/2017) ini, adalah untuk mengunjungi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Jateng. Dalam agenda Presiden Jokowi, Selasa (17/10/2017) ini, sang kepala negara akhirnya mengunjungi kampus Universitas Diponegoro (Undip) di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama tiga tahun kepemimpinannya, Presiden Jokowi tak sekalipun menengok ke kampus Undip di Kota Semarang. Melalui agenda kepresidenan kali ini, untuk kali pertama sang kepala negara berkunjung ke perguruan tinggi negeri tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dalam kunjungannya ini, Bapak Presiden akan menyampaikan orasi ilmiah berkaitan dengan Dies Natalis Ke-60 Undip,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Undip Nuswantoro Dwiwarno di Kota Semarang, Jateng, Senin.

Seiring dengan tema Dies Natalis Ke-60 Undip, yakni “Riset untuk Rakyat”, Presiden Jokowi akan menyampaikan orasi ilmiah di hadapan mahasiswa baru Undip angkatan 2017/2018 dan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi. Dalam agenda itu, sambung dia, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan secara simbolis beasiswa Bidik Misi kepada mahasiswa penerima dari kampus Undip di Semarang yang diwakili 10 mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia.

Diakuinya, kepadatan jadwal Presiden Jokowi membuat kegiatan yang semula direncanakan Senin (16/10/2017) bergeser menjadi Selasa setelah mendapatkan kepastian dari tim protokoler kepresidenan. “Memang, rencana awalnya Bapak Presiden hadir pada Senin (16/10/2017) ini, namun kemudian dipastikan menjadi Selasa (17/10/2017). Kami sudah bertemu dengan tim protokoler kepresidenan pada Jumat (13/10/2017) lalu,” katanya.

Rencana sebelumnya, kata dia, Presiden Jokowi akan berada di kampus Undip Semarang selama dua jam, tetapi seiring kepadatan jadwal orang nomor satu di Indonesia itu, akhirnya agenda dipadatkan menjadi hanya satu jam. Menurut Nuswantoro, kunjungan Presiden Jokowi ke Undip itu memang baru kali pertama sehingga menjadi kunjungan yang istimewa bagi civitas academica Undip, apalagi bertepatan dengan peringatan dies natalis.

Sebelumnya, kata dia, Wakil Presiden M. Jusuf Kalla pernah hadir berkaitan dengan pencanangan hasil riset dan teknologi nano yang dihasilkan para peneliti Undip, kemudian deretan menteri juga sudah. “Untuk Bapak Presiden Jokowi memang baru kali pertama. Makanya, ini kunjungan yang istimewa bagi kami. Kami sudah persiapkan sebaik-baiknya, dan terus berkoordinasi dengan tim protokoler,” katanya.

Dalam agenda kunjungan kerjanya di kampus Undip di Kota Semarang itu, kata Nuswantoro, rencananya Presiden Jokowi akan didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan sejumlah menteri, seperti Menristek Dikti M. Nasir dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya