SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, Walikota London Boris Johnson (kiri) dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kanan) olahraga bersama di Bundaran Hotel Indonesia Minggu (30/11/2014). Boris menyerahkan sepeda secara simbolis kepada Pemprov DKI Jakarta. (Akhirul Anwar/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung disambut agenda lain begitu sampai di Jakarta setelah pulang dari kampung halamannya, Solo, Sabtu (29/11/2014) sore. Minggu (30/11/2014) pagi, Jokowi sudah tampak di Bundara Hotel Indonesia (HI) bersama dua pejabat Inggris.

Di tempat itu, ada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Wali Kota London Boris Johnson, dan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik (kanan). Mereka berolahraga bersama di Bundaran HI, Minggu. Boris menyerahkan sepeda secara simbolis kepada Pemprov DKI Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi memilih bersepeda dari Istana Presiden, Jl. Medan Merdeka Utara, menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI). Menggunakan sepeda warna kuning, kaos Nike berkerah dan training hitam, Presiden Jokowi cukup leluasa untuk mengayuh sepeda kurang lebih sejauh 3 km.

Meskipun acara olahraga santai, Presiden Jokowi tetap mendapat pengawalan melekat dari Paspampres yang juga mengenakan pakaian olahraga. Sementara Ahok, Boris Johnson, dan Moazzam Malik sudah menunggu di panggung bundaran Hotel Indonesia menyambut kehadiran Presiden.

Keempat pejabat dua negara tersebut naik panggung berkarpet merah. Secara simbolis, Ahok menerima hibah 12 sepeda warna putih bertuliskan Sport Is Great yang rencananya akan dipakai untuk kepentingan pariwisata di Monumen Nasional.

Presiden mengatakan olahraga bareng itu bermula ketika Boris Johnson mengirim surat kepada Jokowi setahun yang lalu ketika masih menjabat Gubernur Ibu Kota. Dalam suratnya, Boris ingin datang ke Jakarta untuk membawa investasi.

“Setahun yang lalu Mayor Boris Johnson kirim surat ke saya ingin ke Jakarta dan membawa investasi ke sini. Saya jawab silakan datang, tetapi waktu datang ke sini sudah jadi presiden,” kata Jokowi kepada pers, Minggu (30/11/2014).

Jokowi pun waktu itu pun berjanji akan melakukan kunjungan balasan ke London dan janjinya akan ditepati. Rencananya saat itu ingin belajar tentang manajemen kota besar mengenai manajemen transportasi di London misalnya Subway.

“Waktu jadi gubenur saya juga ingin belajar manajemen kota besar di London mengenai subway mengenai transportasi,” ujar Presiden. Ahok pun menyambut baik jika Jokowi akan mengajaknya ke London untuk melakukan kunjungan kerja. “Lumayan ke London,” selorohnya.

Sebelumnya, Sabtu lalu, rombongan Presiden Jokowi dan Iriana berada di Wonogiri dan sore harinya sekitar pukul 16.30 WIB kembali ke Jakarta. Di Solo, Jokowi bersama keluarga menginap semalam di rumah mereka, Sumber, Banjarsari, pada Jumat (28/11/2014).

Tak ketinggalan menu bakmi Jawa Ngatmi menjadi salah satu santapan. Jokowi pulang ke kediamannya di Jl. Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo untuk kali pertama setelah dilantik menjadi Presiden. Mantan Wali Kota Solo ini tiba bersama Ibu Negara dan kedua putranya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya