Agar Tak Kebobolan, Ketahui Tips Atur Keuangan di Bulan Puasa
Solopos.com|lifestyle

Agar Tak Kebobolan, Ketahui Tips Atur Keuangan di Bulan Puasa

Keuangan di Bulan Puasa biasanya cenderung kebobolan lantaran kita terdorong menyiapkan menu khusus.

Solopos.com, JAKARTA--Agar tabungan tak bobol, sebaiknya ketahui tips atur keuangan di Bulan Puasa. Sebab biasanya kita cenderung membelanjakan duit lebih banyak untuk menyiapkan menu buka.

Nah bagaimana tips atus keuangan di Bulan Puasa agar tidak besar pasak daripada tiang? Simak ulasannya di tips keuangan kali ini.  Pada Ramadan seperti sekarang ini pengelolaan keuangan jadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan dalam setiap rumah tangga. Maka dari itu, ada beberapa kiat yang dapat dilancarkan guna dapat menjalankan pengaturan keuangan dengan baik.

Perencana Keuangan, Lolita Setyawati, menyampaikan justru Bulan Puasa ini adalah momen untuk memperkuat kemampuan menahan napsu dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Bulan Suci ini juga jadi saat yang tepat untuk dapat mengubah pola pikir di masa depan.

Baca Juga: Ini Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

"Berusaha berpikir cukup bahwa kita mengeluarkan dana itu sesuai dengan kemampuan, jangan dengan berhutang," kata Lolita sebagaimana melansir laman Liputan6.com, Selasa (13/4/2021).

Lolita menjelaskan, kunci penting dari kiat mengatur keuangan di Bulan Puasa adalah menetapkan skala prioritas. "Prioritas ini paling penting, kita harus bisa membuat skala prioritas, mana pengeluaran yang penting dan kurang penting," tambahnya.

Kemudian, tips atur keuangan di Bulan Puasa berikutnya adalah dengan menyiapkan dana ekstra. Aksi tersebut dikatakan Lolita, seharusnya dapat dilakukan dari bulan-bulan sebelumnya.

"Jadi, di anggaran setiap bulan itu seharusnya ada porsi alokasi anggaran untuk Bulan Ramadan dan Lebaran, berapapun itu semampunya kita. Sebaiknya harus ada, jadi nanti saat kita tidak terima THR kita enggak kaget," ungkap Lolita.

Baca Juga: Kepribadian Orang Bisa Dilihat dari Cara Membawa Tas Loh

Kiat lainnya untuk atur keuangan di Bulan Puasa adalah dengan belanja di awal. Mendekati Lebaran, biasanya harga-harga kebutuhan pokok akan naik. Maka, Lolita menyebut, ada beberapa kebutuhan pokok yang telah bisa dicicil dari sebelum Bulan Ramadhan.

"Lalu, membuat menu sahur dan buka. Tujuannya adalah untuk mengendalikan pengeluaran khususnya untuk makanan supaya kita tidak belanja impulsif," jelasnya.

Setelah itu, Lolita juga menyarankan untuk rajin-rajin mengecek isi kulkas. Hal ini dilakukan tidak lain untuk mencegah persediaan makanan terlalu banyak hingga tanggal kedaluwarsa terlewat dan makanan justru terbuang percuma.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago