SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO– Hampir semua ponsel, kini dilengkapi dengan teknologi layar sentuh (touch screen). Fitur ini memang memudahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel pintar, tetapi pengguna juga harus ekstra menjaga dan melakukan perawatan. Misalnya hindari meletakkan ponsel di tempat yang rawan terbentur atau jatuh.

Untuk menjaganya, ada baiknya untuk tidak menaruh ponsel di ujung atau tepi meja, sehingga mencegah ponsel terjatuh saat meja terguncang atau tersenggol tanpa disengaja. Selain itu, ada beberapa tips praktis yang bisa diikuti untuk merawat layar sentuh ponsel agar tidak mudah rusak, seperti yang dirangkum dari beberapa sumber, Senin (19/10/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Potensi Persebaran Virus Covid-19 ada di Restoran, Hindari dengan Cara Ini

Gunakan Kaca Pelindung

Pengguna smartphone perlu melindungi layar ponsel dengan kaca pelindung atau tempered glass screen protector. Kaca lentur ini sanagt aman dan mampu melindungi layar ketika jatuh atau tergores. Karena tempered glass mengurangi risiko cedera karena sifatnya yang membelah menjadi potongan kecil bukan pecahan tajam. Tak hanya itu, berkat proses pemanasan dan penerapan bahan kimia yang baik juga, tempered glass bisa memperkuat kaca ponsel.

Rutin Bersihkan dengan Kain Halus

Secara rutin, pengguna juga wajib membersihkan layar ponsel dengan kain halus seperti microfiber cloth atau kain ini biasa digunakan untuk mengelap kacamata. Sebelum mengelap layar, pastikan layar smartphone sudah dinonaktifkan.

Disarankan, juga melakukan gerakan memutar untuk menghasilkan daya pembersihan yang maksimal. Apabila Bila noda sangat membandel, anda kalian bisa menambahkan sedikit cairan alkohol saat membersihkannya.

Caranya pun cukup mudah, yaitu menuangkan sedikit gel alkohol pada kain bersih. Kemudian usapkan pada layar, bersihkan permukaan tengah, lalu beralih ke tepian. Lakukan seperti saat membersihkan lensa kacamata.

Bikin Haru, Begini Solidaritas Warga Gandekan Solo untuk Tetangga yang Menjalani Karatina

Pakai Pelindung Bodi Ponsel

Setiap ponsel yang hadir di pasaran umumnya memiliki aksesori seperti softcase atau pelindung bodi. Pengguna bisa menggunakan pelindung bodi ponsel tersebut untuk berjaga-jaga apabila ponsel jatuh ke lantai. Menggunakan pelindung atau silicon case bisa membantu meredam benturan keras pada layar sentuh ponsel.

Jauhakan dari paparan Medan Magnet dan Sinar Matahari Langsung

Layar smartphone akan terganggu dengan adanya medan magnet yang kuat seperti yang dihasilkan oleh kulkas dan TV. Tak hanya itu, gambar yang dihasilkan oleh ponsel, lama kelamaan juga rusak bila terlalu sering terpapar medan magnet yang kuat. Sehingga, gambar yang ada di layar kadang jadi bengkok dan tidak presisi ataupun terdapat garis-garis yang sangat mengganggu.

Meskipun, beberapa vendor telah mengklaim jika layar smartphone mereka nyaman digunakan saat berada di bawah sinar matahari secara langsung. Namun, hal tersebut tetap dapat merusak panel layar. Paparan sinar matahari yang langsung dan terik akan membuat panel mudah terkelupas dan lunak. Sehingga respon sentuhan pada layar dapat berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya