SOLOPOS.COM - Honda motor Jateng berbagi tips berkendara aman dan nyaman saat puasa. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor menjadi moda transportasi paling banyak penggunanya, karena bisa menjadi solusi saat terjadi kemacetan dengan melewati jalan alternatif dengan kondisi tidak terlalu lebar.

Kendari demikian banyak yang asal mengendarai tanpa mau merawatnya, akibatnya mesin motor sering mengalami panas berlebihan. Ini tentu mengganggu kinerja mesin dan menyebabkan akslerasi motor berkurang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Astramotor.co.id, salah satu ciri khas motor mengalami overheat atau suhu melewati batas adalah tiba-tiba motor tidak bertenaga padahal mesin masih menyala. Bahkan motor sama sekali tidak mau bergerak padahal gas sudah ditarik semaksimal mungkin.

Baca juga: Honda ADV 150 Matik Bergaya Adventur, Ini Harga Bekasnya

Ekspedisi Mudik 2024

Lantas bagaimana cara menjaga suhu mesin motor agar tidak cepat panas, sehingga kinerja mesin tetap oke. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Rutin Ganti Oli

Oli memiliki peranan penting untuk mesin sebagai pelumas guna menetralisir gaya gesekan antara komponen yang bisa jadi menyebabkan kerusakan nantinya. Juga memiliki fungsi untuk mengontrol suhu didalam ruang mesin tersebut.

Dengan rajin mengganti oli, maka hal ini bisa membuat mesin motor jadi lebih awet dan bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, periksakan kondisi motor secara teratur, terutama mengecek oli mesin.

Pakai Oli Terbaik

Gunakan jenis maupun tipe oli yang dianjurkan untuk mesin motor tersebut. Dengan menggunakan oli yang direkomendasikan, maka bisa membantu mesin bisa bekerja secara optimal.

Baca juga: Simak Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Puasa

Setel Kerapatan Piston

Posisi piston didalam silinder yang terlalu rapat akan membuat seher dan piston tidak akan bisa bererak secara bebas, dan bisa menyebabkan terhambatnya saluran pelumasan oli. Maka bisa dipastikan jika kondisi mesin motor bakal mengalami cepat panas.

Periksa Kinerja Pendingin

Komponen pendingin pada motor berfungsi untuk mengalirkan udah melalui sirip-sirip radiator dan bisa juga mendinginkan suhu air radiator atau water coolant. Yang canggih, kipas radiator bakal berputar mengikuti intruksi dari sensor jika kondisi panas berlebihan.

Baca juga: Ini Lokasi Kamera Tilang Elektronik ETLE di Tol Terbaru

Pastikan Cairan Pendingin Tercukupi

Cairan pendingin didalam mesin motor ini biasa disebut dengan istilah water coolant. Carian tersebut ini didistrubusikan dari radiator mesin yang fungsinya untuk mendinginkan mesin motor pada saat digunakan. Harus sering dicek, jika berkurang bisa ditambahi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya