SOLOPOS.COM - Serial Squid Game. (Netflix)

Solopos.com, SOLO-Serial Netflix Squid Game berhasil menjadi salah satu pemenang di kategori Special Award di ajang American Film Institute (AFI) pada Rabu (8/12/2021) waktu setempat atau Kamis (9/12/2021) waktu Indonesia. Tak sendiri, di kategori serupa ada juga Summer of Soul dan Belfast.

AFI membagi tiga kategori penghargaan yang dianggap mewakili pencapaian budaya dan artistik pada tahun ini, mencakup 10 film terbaik, 10 serial televisi terbaik, dan 3 penghargaan khusus (special awards).  Daftar pemenang AFI biasanya memberikan gambaran sekilas mengenai kemungkinan kandidat yang akan masuk ke Oscar pada tahun depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“AFI merasa terhormat untuk menyoroti film dan serial paling luar biasa tahun 2021 dan mereka yang bekerja secara kolaboratif untuk menghadirkannya ke layar besar dan kecil,” kata Presiden dan CEO AFI Bob Gazzale, dikutip dari Deadline pada Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: Melihat Gunung Meletus di Mimpi? Ini Artinya

Daftar pemenang didominasi oleh film-film dari sutradara ternama, film West Side Story karya Steven Spielberg, Dune karya Denis Villeneuve, CODA karya Sian Heder, The Power of the Dog karya Jane Campion, hingga The Tragedy of Macbeth karya Joel Coen.

Sementara untuk kategori serial televisi, AFI Awards tahun ini memberikan penghargaan kepada Hacks, Maid, Mare of Easttown, Succession, Ted Lasso, hingga Wandavision.

Sementara kategori Special Awards diberikan untuk karya yang berada di luar kriteria konvensional AFI, seperti produksi non-Amerika atau jenis media lainnya, diberikan kepada Belfast, Squid Game, dan Summer of Soul.

Gazzale mengatakan para pemenang AFI pada tahun ini mewakili latar dan cerita yang beragam serta berwarna.  “Ini semua adalah kisah yang telah menyatukan kita di masa yang tidak pasti seperti sekarang dan terus mendorong budaya ke depan,” katanya.

Baca Juga: Viral Kucing Selamat dari Erupsi Gunung Semeru, Warganet: Punya 9 Nyawa

Pemilihan film dan serial terbaik itu dilakukan melalui proses penjurian yang terdiri dari kalangan seniman, kritikus, cendekiawan, dan pembina AFI. Penghargaan akan secara resmi diberikan kepada para pemenang dalam acara AFI Awards pada 7 Januari 2021, bertempat di Four Seasons, Los Angeles, Amerika Serikat.

Berikut daftar pemenang AFI Awards yang tidak diurutkan berdasarkan peringkat seperti dikutip dari Antara pada Kamis (9/12/2021):

Kategori Movies of The Year :

1. CODA
2. Don’t Look Up
3. Dune
4. King Richard
5. Licorice Pizza
6. Nightmare Alley
7. The Power of the Dog
8. Tick, Tick… Boom!
9. The Tragedy of Macbeth
10. West Side Story

Baca Juga: Manfaat Lain Buah Jeruk untuk Deteksi Kanker, Begini Caranya

Kategori  Television Programs of The Year :

1. Hacks
2. Maid
3. Mare of Easttown
4. Reservation Dogs
5. Schmigadoon!
6. Succession
7. Ted Lasso
8. The Underground Railroad
9. Wandavision
10. The White Lotus .

Kategori Special Awards :

1. Belfast
2. Squid Game
3. Summer of Soul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya