SOLOPOS.COM - Polwan Polresta Solo menembak sasaran dalam lomba menembak peringatan Hari Jadi ke-73 Polwan Republik Indonesia di Lapangan Tembak Bripda Chumaidi Mapolresta Solo, Selasa (31/8/2021) pagi. (Istimewa/Humas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO — Wanita Polisi (Polwan) anggota Polresta Solo saling adu skill menembak sasaran di Lapangan Tembak Bripda Chumaidi kompleks Mapolresta Solo, Selasa (31/8/2021) pagi.

Anggota Intelkam Polsek Serengan, Aipda Retno Ariyanti, berhasil meraih nilai tertinggi dan menjuarai lomba menembak yang digelar memperingati Hari Jadi ke-73 Polwan Republik Indonesia itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Perlombaan terbagi dalam tiga kelas yakni Bintara, Perwira Pertama, dan Perwira Menengah. Sepuluh polwan maju di setiap kelompok menembak dan diberi kesempatan menembak lima peluru. Para polwan menembak menggunakan pistol jenis revolver.

Baca Juga: Balekambang dan TSTJ Solo Boleh Buka Lur, Mangga yang Mau Piknik

Aipda Retno meraih 48 poin dari 50 poin sempurna. Posisi kedua diraih oleh Iptu Dian Rahma, Kasium Polresta Solo, dan posisi ketiga diraih anggota Polsek Pasar Kliwon, Bripda Hilmy.

Polwan yang selalu tampil humanis saat bertemu masyarakat menampilkan skill mereka saat menembak sasaran. Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, meninjau langsung pelaksanaan lomba itu. Ia menginginkan ada atlet menembak baru dari jajaran Mapolresta Solo.

“Sesuai dengan Perkap No 1/2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan, kepolisian bisa menggunakan tindakan tegas terukur. Melalui pengasahan keterampilan seperti ini, polwan tahu tahapan maupun tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas lapangan,” katanya.

Baca Juga: Sekolah di Solo Boleh Gelar PTM Mulai Pekan Ini, Kampus Pekan Depan

Prestasi Polwan Polresta Solo

Menurutnya, ada tiga polwan yang selalu diterjunkan dalam setiap perlombaan menembak. Ia menuntut jumlah itu harus diperbanyak agar di seluruh perlombaan nasional, Polresta Solo terus berkontribusi.

Polwan Polresta Solo telah banyak mencatatkan prestasi salah satunya Bripka Eka Diah, anggota Satlantas Polresta Solo yang saat ini tengah dalam misi perdamaian PBB di Afrika.

Selain itu, beberapa anggota Polresta Solo juga sempat viral melalui kontribusi positif seperti memberikan susu kepada salah seorang warga Laweyan yang menawarkan barter sepatu bekas.

Baca Juga: Kasus Pemerasan Pejabat, Komisi I DPRD Solo Panggil Korban dan Kepala BKPPD

Ia menambahkan dalam Hari Jadi ke-73 dapat dijadikan momentum bagi seluruh personel Dara Bengawan Polwan Polresta Solo untuk menunjukkan jati diri dan eksistensi melalui penguatan berbagai kompetensi.

Kapolresta menyebut knowledge, skill, dan attitude, peningkatan kapasitas, dan kapabilitas harus selalu optimal. Hal itu agar dapat menunjang pelaksanaan tugas Polri dalam rangka melindungi, mengayomi, melayani masyarakat.

Polwan juga dituntut selalu memelihara keamanan, ketertiban, dan penegakan hukum untuk mewujudkan suasana kondusif. “Peran Polwan di tengah pandemi khususnya dalam penanganan, pengendalian Covid-19, dan upaya pemulihan ekonomi jelas sangat strategis. Polwan dapat mengakselerasi program pendisiplinan masyarakat terhadap kepatuhan menjalankan protokol kesehatan,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya