Adu Gaya Jokowi dan Gibran Saat Sama-sama Jadi Wali Kota Solo
Solopos.com|soloraya

Adu Gaya Jokowi dan Gibran Saat Sama-sama Jadi Wali Kota Solo

Ini dia perbedaan dan persamaan gaya Jokowi dan juga sang putra, Gibran Rakabuming Raka saat sama-sama menjadi Wali Kota Solo.

Solopos.com, SOLO -- Di bawah ini terdapat perbedaan gaya Jokowi dan sang putra, Gibran Rakabuming Raka saat sama-sama jadi Wali Kota Solo.

Sebagaimana diketahui, Jokowi sebelum menjabat sebagai Presiden RI sebelumnya pernah menjadi Wali Kota Solo hampir 10 tahun, mulai 2005 hingga 2012.

Baca Juga: Disebut Netizen Saat Aurel Keguguran, Apa Sih Penyakit Ain dalam Islam?

Selama menjadi Wali Kota Solo, berbagai kebijakan diambil Jokowi sehingga bukan hanya dikenal oleh masyarakat Solo. Salah satu yang begitu melekat adalah ketika Jokowi membranding Solo menjadi kota budaya dan batik.

Bahkan, sejak 2008, Kota Solo selalu rutin menggelar Solo Batik Carnival setiap tahunnya. Selain itu, Jokowi merupakan orang pertama yang menggagas hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di sepanjang Jalan Slamet Riyadi pada hari Minggu dari pukul 06.00 - 09.00 WIB.

Baca Juga: Deretan Bencana dan Tragedi Besar yang Pernah Terjadi di Solo

Sementara itu, sang putra, Gibran Rakabuming Raka baru saja menjabat Wali Kota Solo sejak akhir Februari 2021 setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Kepemimpinan Gibran sebagai Wali Kota Solo mendapat sorotan dari berbagai pihak. Apalagi banyak tokoh penting hadir menemui Gibran setelah resmi menjabat sebagai kepala daerah Solo. Beberapa di antaranya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Fahri Hamzah, Muhaimin Iskandar, Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: Mengapa Colomadu Masuk Karanganyar? Begini Awal Mulanya

Sama-sama pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo, gaya Gibran dan Jokowi memiliki perbedaan hlo, terutama dari segi penampilannya.

Perbedaan Gibran dan Jokowi Saat Jadi Wali Kota Solo

Pakaian Dinas

Jokowi dan Gibran saat jadi Wali Kota Solo. (Instagram/Twitter/@by4uw)

Saat menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi lebih beberapa kali mengenakan pakaian resmi berupa setelan jas.

Dan ini berbeda dengan putranya, Gibran. Selama menjabat Wali Kota Solo, ayah dari Jan Ethes ini jarang terlihat mengenakan jas.

Baca Juga: Rating Facebook Turun Drastis, Dihujani Bintang 1

Ia lebih sering mengenakan seragam kedinasan sebagai Wali Kota Solo yang disebut Pakaian Sipil Harian (PSH). Selain itu, Gibran juga lebih sering menggunakan pakaian kasual dengan sepatu bermerek Adidza Yeezy saat blusukan.

Mider Praja

Kolase foto Gibran dan Jokowi saat mider praja. (Instagram/@gibran_walikotasolo)

Agenda mider praja atau bersepeda yang sudah ada di era Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo ternyata diteruskan oleh sang putra.

Namun, terdapat perbedaan penampilan Gibran dan Jokowi saat mider praja di hari Jumat pagi itu. Dari foto yang beredar di media sosial, salah satunya diunggah oleh pengelola akun Instagram @gibran_walikotasolo, tampak perbedaan itu.

Baca Juga:  Intip Yuk Koleksi Sepatu Selvi Ananda, Harganya Fantastis Semua!

Dari foto di atas terlihat Gibran tampil modis selayaknya anak muda dengan menunggangi sepeda lipat listrik keluaran Xiaomi MiJia Qicycle EF.

Dan ini berbeda dengan penampilan Jokowi pada saat mider praja kala menjadi Wali Kota Solo. Di foto itu, Jokowi tampak mengenakan pakaian olahraga serba putih dengan sepatu dengan warna senada.

Baca Juga:  Bukan dari Kedelai! Kini Muncul Tempe dari Indomie, Ini Wujudnya

Selain itu, ada tas kecil yang ia lingkarkan di pinggangnya.

Kesamaan Jokowi dan Gibran

Meski memiliki perbedaan saat menjabat Wali Kota Solo, ternyata ada kesamaan dari mereka.

Salah satu kesamaan yang terlihat adalah ketika Gibran menjadi pemimpin upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional di Solo pada 2 Mei 2021.

Baca Juga: Hampir 4 Tahun Ditutup, Ada Kenangan Apa Lur di THR Sriwedari Solo?

Setelah upacara, Gibran tiba-tiba turun dari podium dan menghampiri serta menyalami para guru satu per satu. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada guru yang hadir di upacara tersebut.

Hal ini kerap dilakukan Jokowi saat menjabat sebagai Presiden RI. Di berbagai kesempatan, salah satunya upacara peringatan HUT RI pada 17 Agustus beberapa tahun lalu, Jokowi juga menyapa dan menyalami para tamu undangan terlebih dahulu sebelum acara dimulai.

Baca Juga:  Potret Selvi Ananda Dulu dan Sekarang, Berawal dari Putri Solo



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago