SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Adipura 2015 tak berhasil diraih Kabupaten Purbalingga tahun ini.

Kanalsemarang.com, PURBALINGGA- Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, gagal meraih penghargaan Adipura 2015, kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Purbalingga Ichda Masriyanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami baru tahu [Purbalingga gagal meraih Adipura 2015] tadi melalui internet. Itu tanpa berita apa-apa, tahu-tahu ada informasi dari teman sehingga kami cari tahu melalui internet,” katanya di Purbalingga, Senin (23/11/2015).

Dia mengakui adanya kelemahan dari Purbalingga sehingga gagal meraih penghargaan Adipura 2015 karena ada peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang baru terkait kriteria penilaian Adipura.

Dalam hal ini, kata dia, salah satu kriteria baru tersebut mengharuskan adanya tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di kota yang dikelola oleh pemerintah.

“Nah, Purbalingga belum punya TPST itu dan mengelolanya 3 ton, tidak sedikit. Kami menyadari tahun ini gagal,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa Purbalingga sebelumnya telah tujuh kali meraih penghargaan Adipura, yakni yang pertama berupa piagam dan selanjutnya trofi. Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa infrastruktur lingkungan di Purbalingga sudah cukup bagus dan tinggal pemeliharaan saja.

“Kita punya infrastruktur lingkungan yang sangat banyak karena kalau kita hitung, Purbalingga punya enam hutan kota. Kabupaten lain kan sulit untuk membuat hutan kota, kita punya banyak, taman kota juga punya banyak, kemudian pohon-pohon peneduh di jalan semuanya rimbun, serta setiap pagi dan sore ada kegiatan kebersihan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya