[ X ] CLOSE

Adik Ipar Sebut Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Positif Covid-19

Empu batik dan pemilik merek Batik Danar Hadi, Santosa Doellah, meninggal dunia di RS Indriati, Solo Baru, Sukoharjo, Senin (2/8/2021).
Adik Ipar Sebut Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Positif Covid-19
SOLOPOS.COM - Pemilik Danar Hadi, Santosa Doellah. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO — Empu batik Kota Solo, H Santosa Doellah, 79, yang merupakan pemilik merek Batik Danar Hadi meninggal dunia dengan kondisi positif Covid-19, Senin (2/8/2021).

Hal itu diungkapkan mantan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang merupakan adik ipar Santosa Doellah. Santosa meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Umum Indriati Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, pukul 18.09 WIB.

Achmad Purnomo menjelaskan pemilik batik Danar Hadi tersebut sudah menjalani perawatan di RS sejak sekitar dua pekan lalu. “Sempat pulang terus ke RS lagi. Kalau kenanya Covid-19. Suami istri di RS. Bu Danar sudah negatif tinggal Pak Santosa komorbidnya ada beberapa,” jelasnya kepada wartawan, Senin malam.

Baca Juga: Kabar Duka, Pemilik Batik Danar Hadi Santosa Doellah Meninggal Dunia

Mantan Wakil Wali Kota Solo tersebut mengatakan terakhir bertemu H Santosa Doellah saat acara halalbihalal di kediamannya setelah Lebaran tahun ini. Setelah itu, komunikasi lebih sering melalui Whatsapp karena pagebluk Covid-19. “Dia [Santosa Doellah] kan penasihat sesepuh beberapa organisasi sosial,” ungkapnya.

Pemakaman Jenazah Pemilik Danar Hadi

Achmad Purnomo mengatakan Kota Solo kehilangan empu sekaligus pemilik Batik Danar Hadi dan museum batik yang meninggal dunia pada Senin itu. Sementara itu, Assistant Marketing Communications PT Batik Danar Hadi, Inou M Hernawan, menjelaskan mendapatkan kabar pemilik batik Danar Hadi Solo tersebut menghembuskan napas terakhir setelah Magrib.

“Beliau sempat dirawat di RS Indriati. Penyakitnya kambuh beberapa hari, ada satu pekan ini,” katanya kepada Solopos.com.

Baca Juga: Profil Santosa Doellah, Sang Empu Seni Batik Pemilik Danar Hadi

Saat dimintai konfirmasi mengenai penyakitnya, Inou tidak memberikan keterangan. Ia juga masih menunggu kabar dari keluarga untuk proses pemakamannya.

“Anaknya, Ibu Diana, di Jakarta menuju Solo. Saya belum belum tahu keputusannya. Beliau punya empat anak. Yang satu sudah meninggal dunia. Dua orang di Solo,” paparnya.

Sementara itu, berdasarkan salinan lelayu yang diperoleh Solopos.com, Santosa Doellah rencananya akan dimakamkan di TPU Pracimaloyo, Selasa (3/8/2021). Jenazah empu batik itu akan diberangkatkan dari rumah duka di Jl dr Radjiman, Solo, pada pukul 08.00 WIB.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago