SOLOPOS.COM - Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto (kanan) bergandeng tangan dengan Calon Ketua Umum Partai Golkar Ade Komarudin (dua kanan), Siti Hediati Hariyadi (dua kiri) dan Ketua Harian Partai Golkar MS Hidayat saat mendeklarasikan dukungan di Nusa Dua, Bali, Jumat (13/5/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Wira Suryantala)

Ade Komarudin akan menggugat MKD terkait keputusan yang berujung lengsernya dirinya dari Ketua DPR. Dia juga diisukan pindah ke Hanura.

Solopos.com, JAKARTA — Sekjen Partai Golkar Indrus Marham menyerahkan sepenuhnya kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait rencana gugatan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Ade Komarudin (Akom). Hal itu terkait keputusan MKD yang membuat Ade dilengserkan dari jabatan ketua DPR.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Menyerahkan sepenuhnya pada proses di MKD,” ujar Idrus singkat ketika ditanya Bisnis/JIBI soal tanggapannya terkait rencana Ade tersebut, Senin (26/12/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Namun demikian, Idrus menyatakan Fraksi Golkar di DPR akan berkomunikasi dengan Akom terkait rencana gugatannya itu. Dia mengatakan gugatan itu sah dalam organisasi.

Ade sebelumnya menyatakan bahwa diriya akan melakukan upaya hukum terkait putusan MKD atas dirinya. Menurutnya, dalam putusan yang akhirnya membuat dirinya digantikan oleh Setya Novanto sebagai Ketua DPR tersebut, ada unsur penyalahgunaan wewenang atau abuse of power.

Sedangkan terkait isu yang menyebutkan Ade akan keluar dari Partai Golkar, Idrus Marham meyakini hal itu tidak akan terjadi. Sebelumnya, Ade diisukan akan pindah ke Partai Hanura menyusul terpilihnya Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang sebagai Ketua Umum Partai Hanura mengantikan Wiranto.

Dia meyakini Ade merupakan kader terbaik yang tidak akan mau ditawari jabatan apapun dari partai lain. Idrus meyakini bahwa sosok Ade merupakan kader militan di Golkar sehingga tidak akan mudah tergoda untuk pindah ke partai lain. “Kalau sudah bertaruhnya ideologi pertaruhannya cita-cita maka jabatan tidak lagi begitu penting,” kata Idrus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya