SOLOPOS.COM - Ilustrasi bisnis properti (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA--Memasuki era kenormalan baru, pelaku bisnis harus mengambil langkah-langkah yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya. Begitu juga dalam dunia properti. Startup properti diprediksi akan tumbuh dan berkembang.

Dalam kondisi saat ini, semua pelaku bisnis properti dihadapkan pada sebuah tantangan untuk dapat beradaptasi mengikuti kondisi dunia yang berubah sangat cepat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Kita dipaksa untuk lebih cepat lagi menyesuaikan diri. Perubahan yang terjadi membuat sebuah kondisi normal yang tidak normal lagi atau yang biasa disebut the new normal," kata CEO Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, melalui propertyanthecity yang dikutip Detikcom, Selasa (2/6/2020).

Kredit Properti Bersubsidi Tumbuh 10%, Non Subsidi Anjlok 40%

Terdapat beberapa hal yang akan terjadi dalam bisnis properti selama kenormalan baru, sebagai berikut:

1. Keseimbangan Pasar Baru

Riset Indonesia Property Watch mengatakan harga properti saat ini kembali ke harga di tahun 2017. Artinya, selama beberapa tahun sampai saat ini tidak mengalami kenaikan apalagi bila diperhitungkan inflasi di dalamnya.

Keseimbangan Baru

Koreksi yang terjadi di pasar primer maupun sekunder memperlihatkan koreksi harga yang merupakan bentuk keseimbangan terhadap harga properti yang sudah over value. Kondisi yang telah terjadi sebelum pandemi ini akan terus berlanjut sampai membentuk sebuah keseimbangan baru yang membuat pasar properti lebih sehat ke depan.

2. Seleksi Alam Pengembang

Konsep properti akan kembali ke demand create supply, yang artinya para pengembang harus benar-benar melakukan riset pasar sebelum meluncurkan proyek.

Banyaknya proyek tanpa arahan pasar membuat bisnis properti menjadi tidak beraturan dan saling berbenturan. Proyek tanpa konsep disebut akan kehilangan pasarnya. Modal besar tanpa perhitungan pasar pun akan menjadikan proyeknya tanpa penghuni.

Mau Sukses Di Bisnis Properti? Perhatikan Hal-Hal Ini

3. Desain Produk

Kondisi kenormalan baru akan membuat perubahan perilaku orang dalam memilih properti. Masalah keamanan saat ini tidak terbatas lagi atas hal-hal fisik seperti pencurian atau kerusuhan, namun juga keamanan dari aspek kesehatan.

Proyek-proyek dengan sistem klaster akan semakin berkembang dengan feature tambahan yang lebih maju lagi. Desain sirkulasi bangunan pun akan terus berkembang dengan sistem teknologi yang memungkinkan penghuni tidak bersentuhan langsung dengan tombol-tombol elevator atau pintu masuk, dengan sistem sensor yang semakin canggih.

4. Kebiasaan Bekerja

Kebiasaan work from home (WFH) telah membentuk pola bagi sebagian perusahaan untuk melanjutkan kebiasaan bekerja di rumah. Untuk itu, hunian seperti landed houses maupun apartemen akan lebih adaptif dengan memanfaatkan ruang di propertinya untuk ruang kerja yang cukup.

Konsep SOHO, WOHO, Co-Working Space, Virtual Office, Boutique Office di area sekunder akan menjadi lebih populer dibandingkan perkantoran konvensional saat ini.

Sistem Digital

Saat ini pun terus berkembang penggunaan meeting-meeting online yang membuat lebih efisien. Para pemilik gedung perkantoran harus segera mengantisipasi hal ini, karena akan berimbas pada pengurangan tingkat hunian yang sangat signifikan.

Menata Interior Properti Untuk Bangkitkan Semangat Baru

5. Pemasaran Proyek

Saluran distribusi yang masih dimungkinkan berjalan saat pandemi adalah saluran digital. Hal ini mendorong tumbuhnya startup properti dan dapat dipastikan ke depan semua akan masuk ke sistem digital dan disruption technology akan semakin cepat terjadi.

Startup properti pun diprediksi terus berkembang dan bermunculan. Teknologi akan semakin cepat dengan proses pemasaran berbasis digital.

6. Proses Transaksi



Proses transaksi properti didorong untuk semakin berkembang ke arah digital, tidak harus bertatap muka langsung. Mulai dari pemesanan unit, pembayaran, sampai proses jual beli yang menghadirkan notaris secara online.

Meski tidak cukup hanya dengan bertatap online, proses pembeliannya sangat dimungkinkan untuk berubah drastis secara online.

Ke depannya mungkin akan muncul tidak hanya sekadar prosesnya yang secara digital, namun tanda tangan pun dapat disahkan secara digital meskipun saat ini hal-hal tersebut belum diatur secara hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pengamat: PDIP Bisa Bantu Pemerintah Meski sebagai Oposisi

Pengamat: PDIP Bisa Bantu Pemerintah Meski sebagai Oposisi
author
Newswire , 
Chelin Indra Sushmita Kamis, 25 April 2024 - 17:24 WIB
share
SOLOPOS.COM - Lambang PDIP. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO — Pengamat politik Universitas Andalas Padang, Asrinaldi, mengemukakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap bisa membantu pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meskipun nantinya memutuskan sebagai oposisi.

“Mungkin oposisinya yang oposisi untuk mengoreksi, bukan berhadapan langsung. Jadi, membantu dengan cara menyeimbangkan pemerintahan nanti,” kata Asrinaldi saat dihubungi Antara di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Asrinaldi, PDIP saat ini sedang dalam keadaan yang dilematis antara masuk koalisi besar atau bertahan di barisan oposisi.

Jika PDIP harus masuk barisan koalisi besar maka sistem pemerintahan tidak akan seimbang lantaran tidak adanya pengontrol kinerja pemerintah.

Koran Solopos

Di satu sisi, PDIP mempunyai modal yang sangat besar untuk menjadi oposisi mengingat partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri ini menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan meraup banyak kursi di parlemen.

“Dia (oposisi) harus berani menyatakan sikap mengoreksi apa yang keliru dan menyeimbangkan apa yang tidak seimbang,” katanya.

Namun demikian, Asrinaldi meyakini akan ada pertemuan antara Prabowo dan Megawati untuk membahas agar PDIP tidak terlalu keras, melainkan lebih bersifat mengoreksi dan menyeimbangkan pemerintahan jika tetap sebagai oposisi.

Emagazine Solopos

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo Subianto dalam waktu dekat akan bertemu Megawati Soekarnoputri usai memastikan kemenangan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sekarang sudah mulai mencocokkan waktu-waktunya semoga agenda ini tidak lama lagi akan disampaikan kepada publik,” kata Muzani saat jumpa pers di Media Center Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran di Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2024).

Muzani mengatakan pertemuan dengan Megawati merupakan bagian dari upaya Prabowo membangun rekonsiliasi besar untuk mendukung jalannya pemerintahan ke depan.

Interaktif Solopos

Menurut Muzani, upaya pendekatan ke beberapa partai politik tidak hanya dilakukan kepada PDIP. Prabowo juga akan merangkul seluruh pihak untuk menjalankan program kerja yang telah disiapkan

Oleh karena itu, Prabowo sudah mengirimkan beberapa orang kepercayaan untuk bertemu dengan partai di luar Koalisi Indonesia Maju sejak sebelum putusan MK dibacakan.

“Pak Prabowo berpikir positif untuk bangsa ke depan. Upaya rekonsiliasi akan dilakukan termasuk pimpinan parpol atau tokoh-tokoh sebagai simbol mempersatukan bangsa beliau mengutus beberapa orang,” kata dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Resmi, Johannis Winar dan David Singleton jadi Pelatih Tim IBL All Star

Resmi, Johannis Winar dan David Singleton jadi Pelatih Tim IBL All Star
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Kamis, 25 April 2024 - 17:24 WIB
share
SOLOPOS.COM - Para pemain dan pelatuh IBL All Star 2024. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih Pelita Jaya Jakarta Johannis Winar dan Pelatih Prawira Harum Bandung David Singleton terpilih menjadi pelatih tim Future dan tim Legacy IBL All-Star 2024 yang akan bertanding pada Sabtu (27/4/2024).

Johannis Winar atau yang akrab disapa Coach Ahang akan memimpin para pebasket muda Indonesia dan juga beberapa pemain asing serta naturalisasi. Nama-nama seperti Yudha Saputera, Ali Bagir, Muhammad Arighi, Hendrick Xavi Yonga, Firdhan Guntara dan lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara David Singleton yang juga akrab disapa Coach Dave akan menukangi pemain-pemain senior seperti Andakara Prastawa, Kaleb Ramot Gemilang, Abraham Damar Grahita, Vincent Kosasih dan lainnya. “Saya nggak menyangka jadi pelatih tim Future Tidak pernah terlintas dalam pikiran saya. Menurut saya masih banyak pelatih di luar sana yang lebih bagus, lebih jago daripada saya,” kata Coach Ahang dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Koran Solopos

Johannis Winar sebelumnya menjabat asisten pelatih saat Pelita Jaya memulai musim IBL 2024. Namun di pertengahan musim, atau tepatnya pada awal Maret, dia ditunjuk menjadi Kepala Pelatih Pelita Jaya Jakarta.

Sejak menukangi Pelita Jaya sejak saat itu hingga saat ini, PJ tidak pernah merasakan kekalahan. Mereka menang enam kali di kompetisi IBL, dan menang lima kali di Kualifikasi Basketball Champions League Asia 2024.

Coach Ahang dan Coach Dave diperkenankan memilih sejumlah pemain naturalisasi dan pemain asing untuk turut meramaikan laga IBL All Star.

Emagazine Solopos

Johannis Winar dari tim Future memilih Lester Prosper, KJ McDaniels, Jared Shaw, dan Gelvis Solano. Sementara Dave memilih Devon van Oostrum, Brandone Francis, Jordan Adams, dan August Stone Jr.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Vacuum Cleaner Sharp Terbaru: Ngepel Gak Pakai Ribet, Lantai Jadi Kinclong

Vacuum Cleaner Sharp Terbaru: Ngepel Gak Pakai Ribet, Lantai Jadi Kinclong
author
Ginanjar Saputra Kamis, 25 April 2024 - 17:23 WIB
share
SOLOPOS.COM - Vacuum cleaner Sharp EC-SA95Y-R. (Solopos/Wulandari Dwisulistyowati)

Solopos.com, SOLO — Sharp memperkenalkan vacuum cleaner terbaru EC-SA95Y-R Cordless yang benar-benar multifungsi. Vacuum cleaner ini tidak hanya menyedot dan membersihkan debu, tapi juga berfungsi untuk mengepel lantai hingga benar-benar kinclong.

Secara penampilan, vacuum cleaner ini juga eye catching banget dengan warna merahnya. Apalagi alat tersebut memiliki berat yang ringan, yakni hanya 2,4 kg dan berdimensi 204 x 251 x 1095 mm. Desainnya yang ringkas dan ergonomis bisa memudahkan Anda dalam penggunaan dan penyimpanan vacuum cleaner ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vacuum cleaner apik ini juga didesain tanpa kabel sehingga membuat Anda lebih leluasa membersihkan setiap sudut ruangan yang susah dijangkau. Tanpa perlu dicolok ke listrik, vacuum cleaner itu dilengkapi Li-ion battery dengaa kapasitas 2.500 mAh yang mampu digunakan selama 45 menit. Vacuum cleaner ini juga dilengkapi charger baterai dengan waktu pengisian hanya 4,5 jam.

vacuum cleaner sharp

Vacuum cleaner Sharp EC-SA95Y-R. (Solopos/Wulandari Dwisulistyowati)

Koran Solopos

Menariknya lagi, vacuum cleaner Sharp terbaru seri EC-SA95Y-R Cordless dilengkapi teknologi canggih cycline yang bisa meningkatkan efisiensi penyedotan debu dan kotoran. Hasilnya pun tak perlu diragukan lagi, peforma pembersihan jauh lebih baik dan bersih dibandingkan dengan vacuum cleaner lainnya.

Selain itu, vacuum cleaner ini juga dilengkapi HEPA Filter yang bisa menyering partikel-partikel kecil dan alergen dari udara sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu.

Dalam satu paket vacuum cleaner dari Sharp tersebut, Anda akan mendapatkan 3 in 1 microfiber, yakni bristle fiber atau serat bulu yang bisa membersihkan noda membandel, soft fiber atau serat lembut untuk mengunci air dan membersihkan debu yang lebih kecil ukurannya, serta soft wool fiber untuk memoles lantai supaya menjadi lebih kinclong.

Emagazine Solopos
vacuum cleaner sharp

Vacuum cleaner Sharp EC-SA95Y-R. (Solopos/Nugroho Meidinata)

Vacuum clenaer terbaru dari Sharps EC-SA95Y-R Cordless ini juga dilengkapi bak penampung kotoran 0,5 liter yang dalam penggunaannya sangat mudah, terutama ketika Anda hendak membersihkan bak tersebut. Sharp juga memberikan garansi resmi selama 1 tahun untuk vacuum cleaner tersebut.

Untuk mendapatkan vacuum cleaner terbaru dari Sharp EC-SA95Y-R Cordless ini, Anda dapat membelinya di marketplace resmi dari Sharp, baik di Shopee maupun Tokopedia. Selain itu, vacuum cleaner ini juga tersedia di toko elektronik terdekat dari rumah Anda.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories