SOLOPOS.COM - Pecahan uang kertas rupiah (IDR), yang berlaku mulai 2016. (banknotenews via wikipedia)

Solopos.com, SOLO--Semua orang tahu mata uang resmi Indonesia adalah rupiah atau disingkat Rp. Namun, ada beberapa hal penulisan Rp itu ada menggunakan IDR. Di sejumlah restoran, rumah makan, atau online shop IDR sering digunakan. Inilah yang mengundang rasa penasaran.

Baca Juga: Rupiah Masih Berpotensi Melemah?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak sedikit yang masih bingung perbedaan IDR dan Rp. Terlebih yang belum tahu singkatan IDR.

Apa sih arti IDR? IDR merupakan singkatan dari Indonesian Rupiah atau Rupiah Indonesia. IDR adalah mata uang negara Indonesia menurut kode resminya mengacu pada ISO 4217.

ISO 4217 merupakan standar internasional yang ditetapkan oleh International Organization for Standardization atau ISO yang berisi kode tiga huruf (juga disebut dengan kode mata uang).

Kode tersebut digunakan untuk mendefinisikan nama mata uang setiap negara. Kode tersebutlah yang dipakai dalam dunia perbankan dan bisnis internasional.

Baca Juga: Uang Rupiah Rusak Bisa Ditukar di Bank, Ini Syarat dan Caranya

Jadi IDR sama dengan Rupiah. Artinya IDR berarti Rupiah (Rp). Perbedaan IDR dan Rp sebenarnya hanya pada penulisannya, karena artinya sama-sama Rupiah.

Dikutip dari iso.org, orang-orang di seluruh dunia mengandalkan hampir 300 mata uang yang berbeda untuk melakukan bisnis satu sama lain. Itulah sebabnya mengapa perlu menggunakan standar ISO 4217 pembayaran. Standar ini menetapkan kode yang diakui secara internasional untuk representasi mata uang yang memungkinkan kejelasan dan mengurangi kesalahan. Mata uang diwakili baik secara numerik maupun alfabet, menggunakan tiga digit atau tiga huruf. Dua huruf pertama dari kode tiga huruf ISO 4217 sama dengan kode untuk nama negara yang mengacu pada ISO 3166.

Sementara itu, jika memungkinkan, huruf ketiga sesuai dengan huruf pertama dari nama mata uang. Ini sekaligus menjadi penjelasan bagi yang bingung IDR itu singkatan dari apa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya