Adakah Doa untuk Minta Jodoh dengan orang yang Dicintai dalam Islam?

Apakah kira-kira ada dan diperbolehkan doa meminta berjodoh dengan orang yang kamu cintai? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!
Adakah Doa untuk Minta Jodoh dengan orang yang Dicintai dalam Islam?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi perjodohan saat Lebaran (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira apakah terdapat doa meminta berjodoh dengan orang yang dicintai menurut ajaran Islam.

Jodoh, umur, rezeki, keturunan, merupakan rahasia Allah SWT. Umat manusia hanya bisa berusaha, Allah yang menentukan.

Baca Juga: Viral Makan di Angkringan Habis Rp106.000, Netizen Bandingin Sama Solo!

Bukan hanya berusaha, umat muslim diharuskan rajin beribadah dan berdoa kepada Allah SWT agar semua yang diinginkan terkabul, salah satunya perihal jodoh.

Lalu, apakah ada doa meminta berjodoh dengan orang yang dicintai dalam ajaran Islam.

Baca Juga:  Kisah Cinta Sekar Kedhaton, Cikal Bakal Makam Pinggir Jalan Pajang Solo

Menurut portal islami, Konsultasisyariah.com, berdoa memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan mendapatkan jodoh, hukumnya diperbolehkan. Termasuk memohon agar orang tertentu dijadikan jodoh Anda.

Tetapi, perlu dipahami bahwa tidak semua doa, Allah mewujudkan sebagaimana yang diminta hamba-Nya. “Kalau mau doa seperti itu silahkan-silahkan saja. Tapi soal Allah mengabulkan atau tidak, itu kan hak preogatifnya Allah,” terang pengasuh Rumah Fiqih Indonesia, Aini Aryani di situs Islamic-center.or.id.

Baca Juga:  Ada Makam Pinggir Jalan di Pajang Solo, Empunya Siapa?

Aini pun mencontohkan doa meminta berjodoh dengan orang yang dicintai.

“Ya Allah seandainya dia baik untukku, maka jodohkan aku dengan dia [Sebutkan namanya]. Tapi kalau dia tidak baik untukku, jangan jodohkan aku kepada dia. Seandainya dia bukan jodohku, dan menurut Engkau tidak baik untukku, maka hilangkan perasaan suka ini ya Allah. Jangan sampai Engkau membuat aku naksir kepadanya tapi ternyata dia bukan untukku.”

Baca Juga:  Kapan SNMPTN 2022 Dibuka? Cek Sekarang, Jadwalnya Sudah Keluar Hlo!

Bukan hanya doa, jika Anda menyukai seseorang dianjurkan untuk salat istikharah. Dalam salat tersebut Anda bisa berdoa, “Ya Allah seandainya orang ini [sebut namanya], baik untukku, untuk agamaku, untuk kehidupanku, untuk akhiratku, maka dekatkanlah aku dengannya. Dekatkan dia denganku dengan caramu yang terbaik. Dan berkahilah kami di jalan yang Engkau ridhai. Satukanlah kami dalam pernikahan.”

Kemudian, doa dilanjutkan, “Seandainya orang ini buruk untuk diriku, keluargaku, untuk agamaku, untuk duniaku, untuk akhiratku, maka jauhkanlah aku darinya, dan jauhkan dia dariku. Walaupun tidak jauh secara jarak, tapi secara perasaan Ya Allah tolong jauhkan. Tolong buang rasa kagum ini. Tolong buang rasa ingin memilikinya kalau menurut Engkau, dia bukan untukku.”

Baca Juga:  Kenapa Manusia Tak Bisa Mengingat Masa Bayi? Ternyata Ini Penyebabnya


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago