SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 secara gratis di sejumlah stasiun bagi pelanggan KA jarak jauh mulai 3 Juli 2021.

Mengutip Antara, Sabtu (3/7/2021), pada tahap awal stasiun yang sudah melayani vaksinasi bagi pelanggan KA jarak jauh adalah Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Jember.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan pelaksanaan vaksinasi di stasiun ini ditujukan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan kereta api jarak jauh di masa PPKM darurat. “Inovasi ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah guna mempercepat program vaksinasi Covid-19 di Indonesia,” katanya.

Baca Juga : 8 Perjalanan KA di Purwokerto Dibatalkan Selama PPKM Darurat

Secara bertahap, KAI akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksinasi tersebut. Syarat untuk menggunakan layanan ini yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19. “Rencanakan dengan baik antara waktu vaksinasi dan jadwal keberangkatan untuk menghindari keterlambatan naik kereta api. Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya,” ujar Joni.

Mulai 5 hingga 20 Juli 2021, pelanggan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau tes antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Khusus perjalanan KA jarak jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya