SOLOPOS.COM - Makanan jajanan pasar yang terbungkus dengan plastik tersaji di meja saat penilaian lomba jananan pasar sebagai rangkaian Sragen Expo 2017 di Gedung Kartini, Sragen, Selasa (16/5/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Saat berkunjung ke Kota Solo belum afdal rasanya jika belum menjajal sejumlah kuliner khasnya. Di Soloraya atau eks Karesidenan Surakarta terdapat makanan unik dan memiliki nama aneh yang patut dicoba.

Makanan-makanan ini bisa dijumpai di pasar tradisional dan pastinya tidak asing bagi warga di Soloraya. Hal ini tentu bisa menjadi ajang untuk bernostalgia lantaran kerap memakannya saat kecil.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Viral! Permukiman Dilanda Banjir, Airnya Jernih Banget

Berikut ini makanan khas di Soloraya yang bisa dibilang unik dan aneh:

1. Grontol

Berdasarkan unggahan di akun Instagram @misteri Solo, jajanan pasar khas Solo ini terbuat dari jagung yang direbus dengan tambahan parutan kelapadan sedikit gula. Kudapan sederhana ini ini merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda. Grontol sendiri hasil dari modifikasi masyarakat Jawa dari salad yang dimakan keluarga kolonial waktu itu.

2. Tai Kucing

Sepintas nama kudapan ini terlihat jorok karena jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yakni kotoran kucing. Tapi jangan salah, tai kucing ini justru makanan yang memiliki rasa manis dan legit. Kudapan renyah ini terbuat dari beberapa jenis tepung, telur, dan gula pasir. Jajanan yang mempunyai nama lain widaran ini masih digemari hingga kini lantaran terdapat sensasi tersendiri daat menyantapnya.

Baca Juga: Anti-Mainstream! Jepitan Rambut Unik Ini Dapat Bikin Girap-Girap

3. Jenang Umbel

Meski namanya aneh, jajajan tradisional satu ini sangat lezat dan menggugah selera. Jenang umbel terbuat dari tepung kanji, pandan, gula merah, dan santan. Kudapan ini bisa disebut jenang pati saat ditambahkan ketela manis, pisang, nangka sebagai toping.

4. Bol Jaran

Makanan unik dan aneh di Soloraya selanjutnya yaitu bol jaran. Meski namanya terlihat jorok, kudapan ini justru terlihat menarik dengan warna merah di lapisi daun pisang. Bol jaran dibuat dari aneka tepung ketan kemudian diisi ketan hitam. Jajanan ini masih menjadi salah satu jajanan favorit yang bisa ditemui di pasar tradisional. Dengan namanya yang kurang sopan, beberapa orang memperhalus dengan menamai kue ku atau kue kura-kura.

Baca Juga: Kisah Unik Pasutri Keliling Dunia Pakai Sepeda Motor

5. Peli Kipu

Kudapan ini sebenarnya memiliki bentuk yang mirip dengan onde-onde. Namun ukurannya lebih lonjong memanjang. Seperti halnya bol jaran yang diperhalus namanya karena memiliki nama unik. Nama jajanan ini juga diperhalus oleh beberapa toko menjadi kue mancho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya