SOLOPOS.COM - Suasana kawasan objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten masih sepi pengunjung, Jumat (8/10/2021). Bukit Sidoguro kembali dibuka setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun ke level 2. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Lama ditutup, objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, kini dilengkapi sejumlah spot baru. Salah satunya spot taman yang belum lama ini rampung dibangun.

Spot di objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Klaten tersebut dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN 2021 sekitar Rp400 juta. Lokasinya tak jauh dari kawasan panggung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari taman yang dilengkapi sejumlah ayunan itu, pengunjung bisa melihat secara langsung kawasan Rawa Jombor. Selain spot selfie baru, ada panggung baru di kawasan tersebut yang dibangun pada 2020 lalu.

Baca Juga: 50 Penyandang Disabilitas di Wonogiri Terima Bantuan Rp92,7 Juta

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho, mengatakan spot tersebut menambah daya tarik kawasan Bukit Sidoguro yang beberapa tahun terakhir bersolek. Beberapa spot selama ini dipastikan juga masih terawat termasuk pohon buatan yang ada di puncak bukit.

Selain memiliki spot baru, kini Bukit Sidoguro juga dilengkapi sejumlah satwa. Seperti kawanan burung dara yang sesekali berkumpul di kawasan taman parkir. Selain itu, Disparbudpora berencana mendatangkan rusa.

“Kami siapkan kandang rusa. Rencananya ada dua ekor rusa yang ditempatkan di sana. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah ada,” kata Nugroho saat ditemui di Bukit Sidoguro, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: Pembangunan Berbasis Data, 32 RT di Boyolali Raih Penghargaan

Soal pemanfaatan panggung, Nugroho menjelaskan jika kondisi sudah normal dan pengunjung kembali berdatangan, panggung tersebut bakal difungsikan secara rutin. Tak menutup kemungkinan, saat akhir pekan tiba panggung bisa digunakan untuk pentas potensi kesenian di Klaten.

Hal itu untuk melengkapi daya tarik wisata di perbukitan yang bedekatan dengan Rawa Jombor tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya