SOLOPOS.COM - Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. (Google Maps/Dominic Fluckige)

Solopos.com, BERN — Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak sulung Ridwan Kamil yang meninggal hanyut di Sungai Aaree, Kota Bern, Swiss, ditemukan di Bendungan Engehalde. Jarak antara titik Eril berenang hingga ditemukan sekitar 5,1 kilometer.

Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022), Bendungan Engehalde adalah satu dari empat dam terbesar di Sungai Aare. Bendungan ini adalah bangunan tua yang usianya lebih dari satu abad.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari laman rowing.ch milik klub dayung Bern, bendungan ini ada sejak Perang Dunia I. Bendungan ini dibangun pada awal 1900 dan diresmikan pada 1 November 1909.

Bendungan ini membendung Sungai Aare dengan bentang tiga kilometer. Selama ini, pintu air tersebut turut dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan penyaring sampah.

Baca juga: Jenazah Eril Ditemukan, Segini Jaraknya dari Lokasi Tenggelam

Jenazah Eril Ditemukan

Diberitakan sebelumnya, jenazah Eril ditemukan setelah dua pekan dinyatakan hilang sejak Kamis (26/5/2022). Setelah dua pekan melaukan pencarian, Kepolisian Bern mengumumkan penemuan jenazah Eril pada Rabu (8/6/2022) puku 06.50 waktu setempat atau Kamis (9/6/2022) WIB.

“Polisi wilayah Bern dilaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Bendungan Engehalde di Bern. Spesialis dari polisi maritim dari Polisi Bern dapat menemukan mayat di cekungan limpahan bendung dan kemudian menyelamatkannya. Hanya bisa dipastikan bahwa pria itu sudah meninggal,” tulis keterangan dari Polisi Bern.

Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, menjelaskan proses penemuan jenazah Eril. Muliaman mengungkapkan jasad yang ditemukan polisi setempat terkonfirmasi adalah jenazah Eril berdasarkan tes DNA.

Baca juga: Atalia Ridwan Kamil Unggah Video “Air Mengantarkan Eril Pulang”

Aturan di Swiss, polisi harus menyerahkan keputusan penyerahan jenazah yang ditemukan ke pengadilan. Penyerahan jenazah ke keluarga telah diputuskan oleh pengadilan setempat. Keluarga bakal menerima jenazah.

Jenazah Eril dijemput langsung oleh sang ayah, Ridwan Kamil, untuk diterbangkan ke Indonesia. Selanjutnya prosesi pemakaman dilakukan di Bandung pada Senin (13/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya