Ada Revisi, Pemkab Sukoharjo Belum Tahu Kuota Penerimaan CPNS 2021
Solopos.com|soloraya

Ada Revisi, Pemkab Sukoharjo Belum Tahu Kuota Penerimaan CPNS 2021

Pemkab Sukoharjo belum menerima informasi dari Kementerian PAN-RB mengenai kuota perekrutan CPNS tahun ini karena ada revisi.

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kuota rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS Kabupaten Sukoharjo direvisi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Akibatnya hingga kini Pemkab Sukoharjo belum tahu berapa kuota penerimaan CPNS pada tahun ini. Sebelumnya, Pemkab Sukoharjo mengajukan 873 lowongan CPNS ke pemerintah pusat pada Februari.

Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Ahmad Fajar Romdhoni, mengatakan belum mengetahui secara pasti formasi CPNS yang disetujui Kemenpan RB.

Baca Juga: Heboh Video Camat & Lurah Se-Kecamatan Sukoharjo Hadiri Halalbihalal PAC PDIP

"Informasi yang saya terima ada revisi formasi CPNS yang dilakukan pemerintah pusat. Mungkin berkaitan erat dengan jumlah formasi yang tidak sinkron dengan kuota yang diusulkan pemerintah daerah," katanya  kepada Solopos.com di Gedung Menara Wijaya, Jumat (21/5/2021).

Kuota penerimaan CPNS yang diajukan Pemkab Sukoharjo didominasi tenaga pendidikan berdasarkan skala priotitas. Jumlah lowongan tenaga pendidik sebanyak 600 orang. Kemudian, disusul tenaga kesehatan sebanyak 170 orang dan tenaga teknis lainnya sebanyak 103 orang.

Baca Juga: Ini Dia Kampus Al Azhar, Sekolah Rasa Disneyland Resmi Dibuka Di Sragen

ASN Pensiun

Fajar menyebut kuota yang diajukan ke pemerintah pusat guna mengisi kekosongan jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun dalam dua tahun terakhir. Dua tahun terakhir, jumlah ASN yang pensiun sebanyak 873 orang.

Karena itu, formasi yang diajukan sama dengan jumlah ASN yang pensiun. "Rekrutmen CPNS dibuka kali terakhir pada 2019. Sudah dua tahun tidak ada proses rekrutmen CPNS. Padahal, rata-rata jumlah ASN yang pensiun dalam setahun 300 orang-400 orang," paparnya.

Baca Juga: Waduh, Balon Udara Nyangkut di Tiang Listrik Gonilan Sukoharjo Bikin Waswas

Fajar kini menunggu informasi kuota penerimaan CPNS Sukoharjo yang disetujui Kemenpan RB. Namun demikian, ia terus berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) guna mematangkan persiapan proses rekrutmen CPNS pada tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPP Sukoharjo, Sumini, berharap agar pemerintah pusat segera mengumumkan formasi CPNS pada 2021. Banyak masyarakat yang sudah menunggu -nunggu kejelasan formasi CPNS secara detail. Mereka ingin mengadu nasib menjadi abdi negara dengan berpartisipasi dalam proses rekrutmen CPNS.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago