SOLOPOS.COM - Salah satu peternakan babi di Karanganyar. (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Ada ratusan peternakan babi di wilayah Karanganyar yang tersebar di beberapa wilayah. Beberapa peternakan terpusat di Gondangrejo, Jaten, dan Kebakkramat.

Meski demikian pihak Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar tidak bisa memastikan ke mana saja babi tersebut dijual. Babi dari peternakan di Karanganyar biasanya dijual ke luar kota, yakni Jakarta dan sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penjualan lebih ke luar kota, jadi dipotong di luar daerah sekalian. Kalau di Karanganyar hanya menyediakan ternaknya saja yang belum dipotong. Kalau di luar daerah nanti seperti apa kami tidak tahu,” terang Pengawas Kesehatan Hewan Dispertan PP Karanganyar, Sutiyarmo, kepada Solopos.com, Kamis (14/5/2020).

Makin Ngehits, Ini Bayaran Mbah Minto Sekali Ngevlog 

Sutiyarmo mengklaim tidak ada praktik manipulasi daging babi menjadi daging sapi di Karanganyar. Sebab tidak ada satu pun tempat pemotongan untuk mengolah daging babi meski ada ratusan peternakan di Karanganyar.

“Kalau aksi manipulasi daging saya rasa tidak ada di Karanganyar karena di sini hanya ada peternak saja. Tidak ada penjagalan babi di sini. Jadi kemungkinan untuk mengemas dan memanipulasi juga tidak memungkinkan. Jenis daging juga beda karena kalau babi peternak, dagingnya lebih lembut teksturnya dibandingkan sapi. Cenderung daging celeng yang mirip teksturnya dengan babi,” jelas dia.

Bahaya, Makan Gorengan Saat Buka Puasa Tingkatkan Risiko Kanker

Sebelumnya, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Distan KPP Solo, Evy Nurwulandari, menyebutkan Solo tidak menerbitkan SKKH pengiriman daging babi ke luar provinsi.

Hal ini menyusul adanya keterangan pelaku manipulasi daging babi menyerupai daging sapi di Jawa Barat yang menyebutkan daging babi didapatkan dari kota Solo. Dia menyebutkan suplai ternak terbesar salah satunya dari Karanganyar.

“Sejauh ini daging babi dari Solo distribusinya ke sekitar solo saja. Suplai ternak mayoritas dari kabupaten tetangga, salah satunya dari Karanganyar. Di sana ada peternakan babi yang besar,” jelas Evy.

Bantu Penanganan Covid-19, Petani Sumbang 5 Ton Beras ke Pemprov Jateng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya