SOLOPOS.COM - Tes online penerimaan mahasiswa baru UMS, Senin (25/5/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Proses penerimaan mahasiswa baru atau PMB ) di perguruan tinggi swasta di Solo dan sekitarnya tetap berjalan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) 11-25 Januari 2021.

Di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, PMB tetap dilakukan dengan dua cara, yakni online dan on desk (langsung) di kampus. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Sutoyo mengatakan, pada saat PSBB, PMB online tidak akan terpengaruh. Karena mahasiswa dapat melakukan pendaftaran dari mana pun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedangkan bagi yang ingin mendaftar langsung di kampus tetap dilayani namun dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

PSBB, Disdik Solo Pertimbangkan Kembali Rencana Peresmian 8 Sekolah Pekan Depan

“Di tempat kami [Unisri] PMB selama PSBB tetap jalan. Yang online jalan, yang on desk di Unisri juga bisa tapi dengan penerapan protokol kesehatan. Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Petugas kami juga akan mengukur suhu tubuh pendaftar. Kalau suhu tubuh di atas 37 derajat Celcius ya kami minta untuk pulang. Kemudian bisa kembali lagi kalau suhu tubuhnya sudah normal,” ujarnya, Jumat (8/1/2021).

Sutoyo juga memastikan bahwa perkuliahan dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan 2021 berlanjut dengan daring (dalam jaringan). Begitu pula dengan wisuda April mendatang dan kuliah kerja nyata (KKN) tetap dilakukan secara daring.

Namun untuk kegiatan-kegiatan tertentu seperti konsultasi yang membutuhkan tatap muka, dapat dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Inspiratif! Anggota TNI Asal Wonogiri Ini Juga Jadi Pimpinan Pondok Pesantren

Full Online

Sementara itu, di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), penemerimaan mahasiswa masih dilakukan online penuh. Sehingga tak perlu datang ke kampus. “Saat ini masih full online dengan jalur rapor dan prestasi melalui e-seleksi.pmb.ums.ac.id,” ujar Ketua Panitia PMB UMS, Triyono.

Ia menambahkan, saat ini pendaftaran calon mahasiswa melalui jalur beasiswa juga sudah dibuka secara online. Sebelumnya UMS memang mengutamakan PMB melalui seleksi online atau e-seleksi.

Fix! SD dan SMP di Boyolali Masih Terapkan PJJ di Semester II

Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan jalur pendaftaran utama dengan e-seleksi dilakukan untuk menghindari kerumunan. Juga mengurangi kontak fisik antara pendaftar PMB dengan petugas. Sehingga risiko penularan Covid-19 juga dapat dikurangi atau dicegah.

"Meski masih pandemi dan pendaftarannya melalui e-seleksi, kami tetap optimistis animo masyarakat untuk mendaftar ke UMS tetap tinggi. Melihat PMB tahun ajaran 2020/2021, animo pendaftar bahkan naik dari tahun sebelumnya," ujar Sofyan beberapa waktu lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya