SOLOPOS.COM - Relawan dari Singapore International Volunteers memandu kegiatan interaktif dengan sejumlah siswa SD pada peluncuran Words on Wheels, Senin (13/11/2017) di Grhatama Pustaka, Jogja. (Istimewa/SIF)

Pemda DIY meluncurkan Words on Wheels.

Harianjogja.com, JOGJA— Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY bersama Singapore International Foundation (SIF) meluncurkan perpustakaan keliling bernama Words on Wheels, Senin (13/11/2017) di Grhatama Pustaka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Program ini diperuntukkan bagi lebih dari 5.000 siswa selama tiga tahun ke depan. Selain itu, Words on Wheels (WoW) juga memungkinkan Singapore International Volunteers (SIV) untuk memperkenalkan alat pembelajaran interaktif kepada anak-anak, serta melakukan pelatihan kepada staf dan pustawakan BPAD DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutannya menyampaikan, kata perpustakaan begitu akrab di telinga sejak masa sekolah. Tapi, nyatanya, hal tersebut tidak pararel dengan tingginya minat baca masyarakat. Karena itulah ia berharap kehadiran WoW bisa meningkatkan minat baca masyarakat.

Perpustakaan keliling, lanjutnya, dalam memberikan pelayanan membawa misi promosi literasi masyarakat, delivery van buku-buku baru ke perpustakaan daerah dan media survei minat baca untuk pendirian cabang perpustakaan tetap. “Dengan beragam misinya itu, maka kerjasama dengan SIF ini diharapkan akan semakin meningkatkan minat baca dan literasi ke warga di seluruh pelosok DIY,” kata Sultan, Senin (13/11/2017).

Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu sangat mengapresiasi kehadiran WoW. Ia menyebut WoW sebagai program percontohan SIF yang mempromosikan pembelajaran di kalangan komunitas lokal dengan kem

udahan akses internet dan dalam memperoleh buku-buku yang dibutuhkan sekolah.

Selain itu, ia juga menyatakan, kerjasama diantara kedua belah pihak merupakan bentuk pertukaran lintas-budaya guna mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Singapura. Tak hanya itu, WoW bisa digunakan sebagai wadah kolaborasi antara relawan pendidikan Singapura dan Jogja.

Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, Yacob Ibrahim yang turut hadir dalam moment tersebut menyatakan, WoW merupakan program unggulan SIF yang diluncurkan pada 2011, dan telah dilaksanakan di Hanoi, Ho Chi Minh City (Vietnam), Jaffna (Srilanka) dan Bandung. Program ini diklaim telah memberikan dampak kepada lebih dari 40.000 anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya