SOLOPOS.COM - Situasi arus lalu lintas di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, Selasa (7/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, mengatakan penyempitan jalan di Simpang Joglo, Banjarsari, karena ada pekerjaan relokasi saluran box culvert tak terlalu berdampak pada mobilitas angkutan bus.

Bus AKDP jurusan Purwodadi dan Kaliyoso menuju Solo atau sebaliknya hanya perlu waktu tambahan sekitar lima menit untuk sampai Terminal Tirtonadi melalui jalur alternatif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yang jelas tidak terlalu berdampak ya, biasanya lewat Nusukan kemudian rel Joglo. Tapi alternatifnya dari Purwodadi atau Kaliyoso lurus lewat Ngemplak. Tapi cuma selisih waktu lima menit kok sudah sampai terminal,” terangnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (7/6/2022).

Ia mengatakan telah memberikan sosialisasi kepada manajemen PO dan operator bus di terminal terkait manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di Simpang Joglo Solo yang berlangsung mulai Selasa (7/6/2022). Hari ini mulai ada penyempitan jalan sisi tengah Simpang Joglo hingga awal Juli 2022 mendatang.

Sebelumnya, sosialiasai MRLL diadakan Jumat (3/6/2022) malam oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo di Tirtonadi Convention Hall.

Baca Juga: Pengumuman! Malam Ini Kendaraan Berat Dilarang Lewat Simpang Joglo Solo

Dari sosialisasi tersebut, manajemen terminal meneruskan poin sosialisasi kepada manajemen PO bus dan operator terminal. “Sebagai pengelola terminal sudah mewakili untuk sosialisasi dan sudah kami tindak lanjuti ke manajemen PO bus maupun operator terminal yang terakses dengan Joglo,” terang Joko.

Menurut Joko, angkutan dari arah barat bisa menghindari Simpang Joglo Solo melalui tol. Selain itu, angkutan dari arah barat juga bisa melewati Jl A Yani hingga ke Terminal Tirtonadi tanpa melewati Simpang Joglo.

“Yang jelas sudah kami sosialisasikan khususnya dari barat ada akses alternatif lewat tol atau lewat jalan tapi tidak melewati Joglo,” jelasnya. Angkutan kota dalam provinsi (AKDP) jurusan Purwodadi dan Kaliyoso menjadi perhatian tersendiri karena kesehariannya bersinggungan langsung dengan Simpang Joglo.

Baca Juga: Hindari Simpang Joglo Solo Pada Tanggal Ini, Catat Rute Pengalihannya

“Untuk AKDP Purwodadi, Kaliyoso sudah kami lakukan sosialisasi melalui selebaran. Termasuk manajemen mulai tanggal 7 Juni 2022 untuk pengalihan jalan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya