SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas ramai lancar di Jl Ir Juanda, Jebres, Solo, Rabu (24/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengguna jalan harus berhati-hati saat melewati Jl Ir Juanda, Jebres, Solo, karena ada penyempitan jalan dan rawan macet akibat proyek peningkatan jalan dan penataan koridor. Potensi arus lalu lintas macet paling tinggi pada pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Rabu (24/8/2022), sejumlah pekerja menggali lahan, mengecor, dan memasang material pada jalur pedestrian sepanjang ruas jalan dari simpang empat pertemuan Jl Ir Juanda dan Jl Gotong Royong, sampai simpang empat Jonasan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara simpang empat Jonasan ke timur ada pekerjaan pengecoran jalan di kanan dan kiri Jl Ir Juanda. Jalan itu menjadi lebih lebar. Namun jalan menjadi sempit ketika truk pengaduk semen berhenti dan pekerja mengecor jalan itu.

Salah satu pedagang es di dekat Jembatan Jonasan, Bejo, 42, menjelaskan kondisi lalu lintas Jl Juanda Solo padat dan rawan macet pada pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan kondisi arus lalu lintas paling padat terjadi sekitar pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB atau waktu pulang kerja.

“Kebanyakan dari arah barat mungkin pulang kerja. Banyak kendaraan antre di persimpangan,” katanya saat ditemui Solopos.com di lapaknya.

Baca Juga: Awas! Jl Juanda Solo Alami Penyempitan, Pengendara Harus Hati-Hati

Menurut Bejo, banyak kendaraan yang menghindari jalur dari Jembatan Jonasan sampai simpang empat pertemuan Jl Ir Juanda dan Jl Gotong Royong dengan melalui Jl Beton lalu lurus Jl RE Martadinata. “Kendaraan dari Jl Beton kerap memicu kecelakaan dengan kendaraan yang dari arah timur,” paparnya.

Peningkatan Jl Surya

Dia menjelaskan sebelumnya ada petugas dari kepolisian yang membantu mengatur lalu lintas ketika Jl HOS Cokroaminoto ditutup sementara akibat ada pekerjaan peningkatan Jl Surya. Pekerjaan Jl Surya membuat kendaraan beralih ke Jl Ir Juanda.

Namun siang itu, Jl HOS Cokroaminoto telah dibuka. Berdasarkan penelusuran Solopos.com di laman https://lpse.surakarta.go.id terdapat nama paket Belanja Kontruksi Peningkatan Jalan Juanda (Lanjutan) 26 April 2022. Nilai pagu paket sebanyak Rp8.832.881.000.

Baca Juga: Jl Juanda Solo Diperbaiki, Ribuan Kendaraan Mesti Cari Rute Alternatif

Ada 51 peserta lelang. PT Manira Arta Rama Mandiri yang beralamat Jl Siwalan No 59C RT 002/ RW014 Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Solo, menjadi pemenang lelang. Nilai kontraknya Rp7.029.510.475

LPSE juga menampilkan nama paket Belanja Modal Jalan Kota-Penataan Koridor Jl Juanda Tahap III pada 6 April 2022. Nilai paketnya Rp5.039.541.000 dan ada 66 peserta.

CV Karya Agung Utama dengan alamat Jl Khairil Anwar No 31 Banda Aceh menjadi pemenang lelang. Nilai kontraknya Rp3.682.457.264. Selain itu, ada nama paket Belanja Konstruksi Peningkatan Jalan Surya (DAK) pada 27 April 2022.

Baca Juga: Jl Juanda-Jl Surya Diperbaiki, Begini Rekayasa Lalin Dari Dishub Solo

Pagu anggarannya Rp5.677.970.000 dengan 67 peserta. CV Wira Nadi Suaccha dengan alamat Jl Kalimosodo RT 002/RW 001, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, menjadi pemenang lelang. Nilai kontraknya Rp4.699.092.143.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya