Ada Penunggunya, Tak Semua Orang Bisa Masuk Lorong Bawah Tanah Solo

Lorong rahasia di bawah tanah salah satu rumah warga Laweyan, Solo, disebut-sebut ada penunggunya sehingga tak sembarang orang bisa masuk.
Ada Penunggunya, Tak Semua Orang Bisa Masuk Lorong Bawah Tanah Solo
SOLOPOS.COM - Pencinta sejarah Kota Solo, KRMT L. Nuky Mahendranata Nagoro (kanan) melihat sebuah lorong bawah tanah di rumah salah satu warga Kelurahan/Kecamatan Laweyan, Solo, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pencinta sejarah Kota Solo, KRMT L Nuky Mahendranata Nagoro, menuturkan cerita tentang sosok penunggu lorong rahasia bawah tanah di Laweyan, Solo. Sosok penunggu itu pula yang disebut-sebut membuat lorong itu rahasia itu tak bisa dimasuki sembarang orang.

Ketika melihat lorong tersebut, beberapa hari lalu, Nuky sempat berbincang dengan pemilik rumah yang terdapat lorong rahasia tersebut. Pintu masuk lorong tersebut berada di lantai ditutup meja bundar. “Yang bercerita pemilik rumah, ada penunggunya. Ya mestinya sebangsa jin,” ujar Nuky saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (30/11/2021).

Berdasarkan penuturan si empunya rumah, Nuky menjelaskan ada beberapa tamu yang sempat ingin melihat lorong tersebut. Tapi ternyata tidak semua tamu yang datang bisa masuk ke dalam lorong hingga ke ruangan yang berukuran sekitar 2 meter x 2,5 meter.

Baca Juga: Pencairan Dana Bermasalah, KSP Sejahtera Bersama Ditegur Pemkot Solo

“Kemarin ada beberapa kali orang yang mau masuk tidak bisa. Ya karena dilempar, kadang di dalam tidak bisa masuk, tidak ada lorong, kok tertutup, tidak bisa masuk. Mereka belum sampai ruangan yang agak besar. Bila tidak dikersake [diperkenankan] biasanya ditolak,” urainya.

lorong rahasia bawah tanah solo
Kondisi bagian dalam lorong rahasia bawah tanah di Laweyan, Solo. (Istimewa)

Nuky mengaku diberi tahu oleh pemilik rumah ihwal sosok dan nama sosok penunggu lorong rahasia bawah tanah di Laweyan, Solo, yang dulu menjadi jalur distribusi candu itu. Tapi dengan pertimbangan tertentu ia tidak mau menyebutkan nama sosok tersebut.

Sosok Astral

Ia lantas bercerita ihwal kepercayaan terhadap sosok astral. Percaya atau tidak, masyarakat Jawa masih sangat mempercayai terhadap keberadaan sosok-sosok gaib di tempat-tempat tertentu. Seperti di sebuah lorong bawah tanah yang jarang disentuh manusia. “Ada yang tidak berani masuk lorong itu,” terangnya.

Baca Juga: Misteri Lorong Bawah Tanah di Solo, Ternyata Eks Jalur Distribusi Candu

Pada waktu-waktu tertentu, lorong rahasia di Laweyan, Solo, tersebut digunakan untuk bertirakat atau bersemedi beberapa orang yang mempercayai keberadaan sosok penunggu lorong. “Terkadang untuk tirakat, di luar dan di dalam. Di situ dipercaya ada energi penunggunya,” katanya.

Sedangkan mengenai jumlah sosok makhluk gaib penunggu lorong di Laweyan, menurut cerita yang diperoleh Nuky, hanya satu. Lorong rahasia bawah tanah di Laweyan diyakini sudah berusia sangat tua karena sudah ada semasa Kerajaan Pajang dan Keraton Solo.

Tempat lain yang dalam kepercayaan masyarakat Jawa diyakini ada sosok makhluk gaibnya yaitu tempuran sungai atau lokasi pertemuan dua atau lebih sungai. Sehingga di tempat-tempat seperti itu dipercaya wingit dan orang tak berani sembarangan.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago