SOLOPOS.COM - Destinasi wisata baru di Kota Semarang berupa sport track di Hutan Tinjomoyo. (semarangkota.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Di tengah masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang justru meluncurkan sebuah objek wisata baru. Destinasi wisata baru itu tak lain adalah Sports Track Hutan Wisata Tinjomoyo.

Sports Track Hutan Wisata Tinjomoyo ini pun diharapkan mampu menjadi salah satu objek wisata andalan Kota Semarang. Hal itu dikarenakan objek wisata itu tak hanya menawarkan panorama hutan di tengah kota kepada wisatawan, tapi juga sensasi berolahraga seperti joging dan bersepeda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari laman Internet resmi Pemkot Semarang, Sports Track Hutan Tinjomoyo merupakan jalur olahraga yang ada di Hutan Tinjomoyo. Jalur ini sebenarnya sudah dibangun sejak 2020, namun baru diluncurkan sekarang karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Begini Upaya Hendi Tepis Horor Hutan Tinjomoyo

Akan tetapi, setelah Kota Semarang dinyatakan berstatus PPKM Level 2 atau dianggap mengalami penurunan kasus Covid-19 yang tajam, destinasi wisata baru ini pun berani dibuka.

“Memang peningkatan sarpras [sarana dan prasarana] di Tinjomoyo dengan membangun jalur olahraga ini sudah selesai sejak 2020, tapi belum diperkenalkan. Jadi sekarang sekarang setelah kita mulai buka sedikit – sedikit aktivitas, kita perkenalkan,” tutur Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Meski sudah dibuka, Wali Kota yang akrab disapa Hendi mengaku belum bisa menerima kunjungan wisatawan secara maksimal. Masih ada penerapan pembatasan, terutama dalam kapasitas jumlah pengunjung.

“Memang belum bisa maksimal karena masih ada pembatasan, tapi harapannya perekonomian bergerak lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, mengatakan selain membuka jalur olahraga atau sports track di Hutan Tinjomoyo, pihaknya juga akan kembali menghidupkan Pasar Semarangan.

Baca juga: Buka di Tengah Covid-19, Tempat Wisata Semarang Wajib Penuhi Syarat

Meski demikian, untuk wisatawan yang akan masuk ke kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo itu diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan sudah menjalani vaksinasi.

“Kita maksimalkan dengan menerapkan pembatasan yang berlaku dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, serta menunjukkan kartu vaksin bagi pengunjung. Kita juga sudah melengkai fasilitas berupa tempat cuci tangan, ada kamar mandi yang bersih, juga 40 shelter pemberhentian, sehingga tidak berkerumun,” terang perempuan yang karib disapa Iin itu.

Adapun Sports Track Tinjomoyo sendiri dibuka untuk masyarakat umum dan komunitas setiap hari mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB. Untuk masuk ke area wisata ini, masyarakat diwajibkan membayar tiket masuk Rp4.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya