SOLOPOS.COM - Vaksin Covid-19. (Bisnis-Bloomberg)

Solopos.com, SOLO -- Masyarakat baru-baru ini dikejutkan dengan kabar adanya mutasi virus corona di Inggris.

Hal tersebut membuat masyarakat ragu apakah nantinya vaksin Covid-19 yang telah disiapkan pemerintah efektif digunakan atau tidak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Buka Januari 2021, Rumah Isolasi Covid-19 BLK Karanganyar Muat 68 Orang

Menjawab hal tersebut, vaksinolog dan juga dokter spesialis penyakit dalam, Dirga Sakti Rambe menegaskan bahwa mutasi virus corona tidak akan mempengaruhi efektivitas vaksin Covid-19.

Ekspedisi Mudik 2024

“Virus itu pasti bermutasi. Supaya tidak bermutasi terus menerus, kita harus meminimalisir atau menghentikan penyebaran penyakit. Alhamdulillah, sampai saat ini mutasi-mutasi yang ada itu tidak berdampak pada efektivitas vaksin. Tapi kita tidak tahu, satu tahun lagi bagaimana dampak dari mutasi ini," beber dia dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Rabu (29/12/2020).

Viral Mahasiswa Jualan Indomie di Amerika Raup Untung Jutaan

Standar Efektivitas 50 Persen

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini adalah jenis vaksin mati sehingga tidak ada efek samping.

Maka dari itu, ia meminta masyarakat Indonesia tak perlu khawatir dengan penggunaan vaksin Covid-19 apalagi ada kabar mutasi virus corona di Inggris.

Distribusi Vaksin Covid-19 Dilengkapi QR Code dan GPS untuk Pelacakan

Apalagi WHO telah menetapkan standar efektivitas vaksin Covid-19 minimal 50 persen.

"Dari WHO menetapkan syarat minimal efikasi atau efektivitas vaksin Covid-19 itu 50% sudah bagus. Artinya kalau di bawah 50% vaksin tidak layak diedarkan. Tetapi vaksin yang efektivitasnya 90%, 80% atau bahkan 60% atau 70% pun pada masa pandemi ini, dampaknya sangat terasa dan sangat penting. Karena sampai sekarang kita belum punya vaksin atau obat untuk Covid-19,” beber dia.

Menko Polhukam Himpun Saran Masyarakat soal Lahan Ponpes FPI

Dirga juga meminta masyarakat tak takut dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang bersifat ringan. Karena manfaat dari vaksin COVID-19 jauh lebih besar.

“Jadi vaksin Covid-19 ini akan melindungi kita dari terdampak Covid-19 yang bergejala, termasuk Covid-19 yang berat. Sampai menghindari kematian akibat Covid-19,” tegasnya

Meski di Rumah Saja, Ini Sederet Ide Kegiatan Seru untuk Rayakan Tahun Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya