Ada Klaster Perjalanan, 52 Petugas Terminal Wonogiri Jalani Tes Swab
Solopos.com|soloraya

Ada Klaster Perjalanan, 52 Petugas Terminal Wonogiri Jalani Tes Swab

Solopos.com,WONOGIRI -- Puluhan petugas Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri menjalani tes swab di terminal setempat, Jumat (11/12/2020). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi persebaran Covid-19.

Adapun jumlah petugas Terminal Wonogiri yang menjalani tes swab sebanyak 52 orang. Selama ini petugas Terminal Wonogiri melayani penumpang bus baik keberangkatan maupun kedatangan yang notabenenya adalah kaum boro.

Padahal, penambahan kasus Covid-19 di Wonogiri didominasi oleh klaster perjalanan.

Solopos Kembali Hadirkan Festival Ayo Membaca, Yuk Rebut Hadiah Jutaan Rupiah!

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan kegiatan itu merupakan program dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari institusi itu langsung mengirimkan tim medis untuk mengambil sampel lendir di terminal.

Sebelumnya, seluruh petugas terminal sudah menjalani rapid test sebanyak empat kali. Seluruhnya juga difasilitasi oleh BPTD Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dinkes Karanganyar Cek Sampel Makanan dan Minuman Jelang Nataru

Ia mengatakan tes swab kepada petugas bertujuan untuk mencegah dan meminimalkan potensi persebaran Covid-19. Selain itu juga untuk mengetahui kesehatan petugas menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru, apakah ada yang terpapar Covid-19 atau tidak.

Selama ini, kata Agus, petugas terminal berada di garda terdepan yang menangani penumpang bus. Sebagian besar penumpang merupakan kaum boro.

"Sudah banyak yang tahu kalau warga Wonogiri banyak yang menjadi perantau di kota-kota besar, khususnya Jakarta dan sekitarnya. Saat perjalanan menggunakan transportasi umum, sebiriagian besar menggunakan bus," kata dia kepada wartawan, Jumat.

Cerita Ketua Bawaslu Sragen Awasi Coblosan Pasien Covid-19: Tidak Asal Pakai APD

Jika ada petugas yang positif Covid-19, lanjut Agus, petugas itu akan diistirahatkan. Jadi saat bertugas Libur Natal dan Tahun Baru semua petugas kondisinya sehat dan aman.

Penumpang Keberangkatan Meningkat

Di sisi lain, berdasarkan data produksi Terminal Giri Adipura Wonogiri, pascapencoblosan Rabu (9/12/2020), jumlah penumpang keberangkatan mengalami peningkatan. Pada Kamis (10/12/2020), jumlah penumpang keberangkatan mencapai 2.029 orang. Sedangkan pada Rabu, penumpang keberangkatan mencapai 1.849 orang.

"Hampir 90 persen penumpang yang berangkat ke Jabodetabek dan Bandung telah melakukan pencoblosan pada pilkada 9 Desember. Lumayan banyak yang ikut pencoblosan meski tidak semua," kata Agus.

Jika dilihat data produksi terminal, lonjakan penumpang sebelum pilkada terjadi pada Minggu (6/12/2020). Pada hari itu jumlah penumpang kedatangan mencapai 2.046 orang.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengapresiasi para perantau yang pulang ke Wonogiri untuk menyalurkan hak suaranya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago