top ear
Ilustrasi dokter yang menangani Covid-19. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi dokter yang menangani Covid-19. (Freepik)

Ada Klaster Baru, Target 2.000 Pemeriksaan Rapid Test di Wonogiri Ditunda

Rapid test di Wonogiri ditargetkan sebanyak 2.000 orang.
Diterbitkan Jumat, 7/08/2020 - 19:15 WIB
oleh Solopos.com/Aris Munandar
2 menit baca

Solopos.com, WONOGIRI -- Pelaksanaan rapid test secara acak di ruang publik atau pusat keramaian yang ditargetkan sebanyak 2.000 pemeriksaan oleh Satuan Tugas Covid-19 Wonogiri ditunda dulu.

Pasalnya, ketersediaan alat rapid test difokuskan untuk penanganan dua klaster baru yakni klaster Sempon dan klaster nakes belum lama ini.

Rumah Warga 1 Dukuh di Sragen yang “Pindah” ke Jawa Timur Sempat Terisolasi

Sebelumnya, Satgas Wonogiri menargetkan ada 2.000 pemeriksaan rapid test untuk mengetahui epidemiologi atau persebaran virus Covid-19 di Wonogiri. Jika epidemiologi Covid-19 sudah diketahui, hasilnya akan dijadikan dasar untuk menentukan kebijakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Hingga saat ini sudah sekitar 1.000 pemeriksaan yang dilakukan Gugus Tugas Wonogiri di tempat keramaian. Beberapa di antaranya adalah pasar tradisional, pasar hewan, pusat perbelanjaan, pabrik, hingga pondok pesantren.

"Ketersedian alat rapid test kami prioritaskan dulu untuk melakukan tracing atau deteksi dini saat meledaknya klaster Sempon dan klaster nakes," kata Ketua Satgas Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo, diruang kerjanya belum lama ini.

Brak hingga Sedil, Ini Arti Kosa Kata Nyeleneh yang Cuma Dipahami Warga Sragen

Setelah ditunda, Jekek menegaskan target pemeriksaan rapid test yang sudah dicanangkan Satgas Wonogiri akan tetap dipenuhhi. Hal itu sebagai bentuk konsistensi pemerintah untuk mengetahui epidemiologi atau persebaran Covid-19 di Wonogiri.

"Selama ini kan kendalanya terkait ketersediaan atau kuota alat rapid test. Jika soal anggaran pembelian kami siap" kata Jekek.

Super Ketat! Peserta SKB CPNS Sukoharjo Diminta Karantina 14 Hari Sebelum Ujian

Selain itu ketersedian rapid test di Wonogiri, lanjut dia, tidak semua digunakan untuk tes masal. Sebagian alat rapid test disiapkan untuk pemenuhan protokol penanganan saat ada orang yang dinyatakan positif Covid-19, seperti pada klaster Sempon dan nakes.


Editor : Profile Ahmad Baihaqi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini