SOLOPOS.COM - Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono. (Instagram/@kaesangp)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan Solo Car Free Day (CFD) tetap berjalan normal meskipun ada kegiatan rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Kota Solo, Minggu (11/12/2022).

“CFD tetap seperti biasa, para pedagang tetap bisa berjualan seperti biasa. Penak to,” kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Senin (28/11/2022). “Kalau ramai tambah apik, dodolan kepayon kabeh [dagangan laku semua],” lanjutnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wali Kota Solo menjelaskan tidak ada penutupan jalan atau perubahan aktivitas warga Minggu pagi selama rangkaian pesta pernikahan Kaesang dan Erina berlangsung. Pemkot Solo menyediakan dukungan, antara lain kantong parkir serta pengamanan.

Dia menjelaskan pengantin akan melakukan kirab dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Prosesi adat pernikahan, antara lain siraman, dilakukan di rumah pribadi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Namun Gibran enggan menjelaskan lebih lanjut terkait dukungan Pemkot Solo untuk pernikahan Kaesang dengan Erina. Gibran meminta wartawan bertanya lebih lanjut kepada panitia pernikahan.

Baca Juga: Putra Jokowi Nikah di Sleman, Industri Pariwisata DIY Manfaatkan Kaesang Effect

Sebelumnya, Menteri BUMN sekaligus salah satu panitia pernikahan Kaesang dan Erina, Erick Thohir, melakukan simulasi kirab dengan kereta kencana bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelang pernikahan putra bungsu presiden, Minggu (27/11/2022).

“Alhamdulilah, ngunduh mantu di Loji Gandrung, semua acara di sana, baru naik kereta ke sini [Pura Mangkunegaran]. Tentu adat istiadat kami hormatkan di sini. Di sini lebih tasyakuran, tidak mengubah adat istiadat yang kami pahami dan hormati,” kata dia.

Erick mengatakan ada sembilan sampai 10 kereta kencana yang akan membawa Kaesang, Erina, dan keluarga pengantin dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Panitia menyiapkan sembilan titik untuk hiburan.

Baca Juga: 2 Menteri Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang-Erina, Salah Satunya Basuki Hadimuljono

“Kurang lebih ada sembilan dan 10 kereta, pengantin menyapa lalu masyarakat beraktivitas normal tetapi di situ kami siapkan ada pesta rakyat. Ada sembilan titik. Delapan titik kegiatan. Ada musisi dari masyarakat, kesenian dari masyarakat,” ungkapnya.

Menurut dia, pesta pernikahan Kaesang dan Erina tidak hanya melibatkan kerabat keluarga presiden namun melibatkan masyarakat. Sebab, Presiden merupakan bagian dari masyarakat Kota Solo.

Dia mengatakan pesta pernikahan Kaesang dan Erina disiapkan supaya tidak mengganggu aktivitas warga Kota Solo pada Minggu pagi. Pesta pernikahan justru menunjukkan kultur budaya.

Baca Juga: Aksi Simpatik Warga Suku Asmat di CFD Solo, Sambut Pernikahan Kaesang-Erina

“Kami membutuhkan dukungan media dan semua pihak. Berharap pada acara tersebut Solo dilihat bersih, jangan nyampah, keamanan terjaga. Kami harapkan Solo menjadi salah satu tujuan wisata dunia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya