Ada Katrol Unik di Sumur Masjid Dekat Prasasti Upit

Katrol unik masih terpasang di Masjid Sorowaden, Kahuman, Ngawen, Klaten yang juga menjadi daerah Prasasti Upit.

Solopos.com, KLATEN – Kahuman, Kecamatan Ngawen, Klaten, diyakini sebagai bagian perkampungan tertua di Klaten. Ada katrol unik di sebuah masjid di dekat Prasasti Upit di desa tersebut.

PromosiMengenal Primata Endemik Pulau Jawa yang Dikenal Cerdas Namun Pemalu

Di desa setempat pernah ditemukan Prasasti Upit yang berumur sudah ada sejak 866 masehi atau saat ini berumur 1.155 tahun. Sementara Masjid Sorowaden yang juga terdapat di Kahuman itu bisa ditemui katrol yang masih terpasang di sumur.

Baca Juga: Begini Ayam Diburu di Lereng Gunung Lawu dalam Tradisi Mondhosio

Kadus I Desa Kahuman, M. Ridwan, menjelaskan katrol itu merupakan bagian dari bangunan masjid lama. Ridwan pun pernah merasakan menimba air menggunakan katrol tersebut.

Ridwan juga menjelaskan bagian serambi masjid pada sisi timur merupakan tambahan. Sebelumnya, serambi masjid berada di samping bangunan utama masjid. Lantaran banyaknya santri atau warga yang mengaji di masjid tersebut, bangunan serambi yang terdapat tulisan angka arab itu dibangun.

Baca Juga: Wajah Baru Taman Parkir Waduk Wonogiri Hasil Sentuhan Rp10,9 Miliar

Namun, tokoh masyarakat setempat termasuk pemerintah desa tak tahu pasti kapan serambi maupun bangunan utama masjid dibangun. Pun halnya dengan sejarah pendirian masjid tersebut.

Masjid Sorowaden berada di tengah perkampungan Dukuh Banjarsari, Desa Kahuman. Sebagian bangunan masjid tersebut masih peninggalan bangunan lama. Seperti tiang penyangga di bagian utama masjid berupa kayu. Begitu pula dengan sejumlah pintu penghubung ke bagian serambi lawas berupa pintu kayu.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago