Ada Jalan Rusak di Jawa Tengah, Segera Lapor Via Aplikasi Jalan Cantik

Warga Jawa Tengah dapat melaporkan langsung kondisi jalan maupun jembatan yang rusak kepada pihak terkait melalui aplikasi Jalan Cantik.
SHARE
Ada Jalan Rusak di Jawa Tengah, Segera Lapor Via Aplikasi Jalan Cantik
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jalan (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SEMARANG — Kondisi jalan rusak selalu menjadi keluhan masyarakat di berbagai wilayah, termasuk Jawa Tengah (Jateng). Hal tersebut dipengaruhi berbagai faktor, mulai dari infrastruktur hingga alam.

Keluhan tentang jalan rusak di Jateng tersebut bisa disampaikan langsung oleh masyarakat kepada pemerintah setempat. Caranya, sampaikan laporan melalui aplikasi Jalan Cantik.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Baca juga: Jalan Rusak Akibat Truk Proyek, Anggota DPR & Mengamuk

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui akun Twitter @ganjarpranowo, menanggapi keluhan tentang jalan rusak di Kabupaten Banjarnegara. Dia juga mengunggah video perbaikan jalan yang dilakukan di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

“Temen2 PDI Perjuangan Banjarnegara dan temen2 DPRD kab. Banjarnegara makasih ya sudah mengingatkan. Sebenarnya untuk keluhan jalan di seluruh wilayahJateng, temen2 bisa langsung melaporkan di aplikasi Jalan Cantik.” jelasnya dalam kicauan yang diunggah, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Alhamdulillah, 6 Ruas Jalan Rusak di Karanganyar Ini akan Diperbaiki

Dalam video itu Ganjar Pranowo terlihat melakukan inspeksi mendadak meninjau kondisi jalan rusak di ruas Wanayasa-Kalibening M 91-500. Jalan rusak itu merupakan jalur penghubung antara Banjarnegara dengan Pekalongan.

Ganjar yang mendapat laporan tentang jalan rusak di Banjarnegara, Jawa Tengah, dari anggota DPRD pun langsung merespons. “DPRD Banjar [Banjarnegara] menyampaikan begini. Tengah malam langsung saya telepon. Memang sampaikan saja, kita punya aplikasi Jalan Cantik. Tidak sampai 24 jam, teman-teman sudah menyelesaikan,” terang Ganjar.

Dia menegaskan segala keluhan tentang kondisi jalan rusak di Jawa Tengah sebisa mungkin segera dilaporkan melalui aplikasi yang disediakan. “Dalam kondisi seperti ini jangan sampai rakyat celaka. Jangan sampai rakyat celaka karena jalan berlubang,” tegasnya.

Baca juga: Terungkap! Ternyata Ini Alasan Ganjar Pranowo Absen di Pasar Legi Solo

Aplikasi Jalan Cantik

Dikutip dari laman Jatengprov.go.id, Jalan Cantik adalah aplikasi yang berfungsi untuk melaporkan kerusakan jalan dan jembatan di wilayah Jawa Tengah. Aplikasi ini dikelola DPU Bina Marga Cipta Jateng sebagai layanan kepada masyarakat.

Setiap warga Jateng bisa melaporkan kerusakan jalan atau jembatan yang dilihat melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Laporan yang dikirim akan ditindaklanjuti. Jika kewenangan jalan itu berada di kabupaten, maka akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Sementara jika termasuk jalan provinsi atau nasional, maka laporan segera ditindaklanjuti. Anda bisa memantau progres laporan dari perbaikan hingga selesai melalui aplikasi. Laporan penanganan dari pengaduan yang disampaikan nantinya akan diunggah ke media sosial.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago