SOLOPOS.COM - KM Kelud disiapkan untuk hotel terapung selama MotoGP Mandalika 2022.(Pelni)

Solopos.com, PRAYA—Pemerintah menyediakan akomodasi hotel terapung gratis selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 akhir pekan ini. Hotel terapung tersebut disediakan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni (Persero) Yahya Kuncoro mengatakan siap menjalankan tugas dari pemerintah untuk menyukseskan MotoGP Mandalika  dengan menyiagakan kapal untuk hotel terapung. Yahya menjelaskan Layanan akomodasi menginap Hotel Terapung di KM Kelud ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan gratis atau tidak dipungut bayaran bagi mereka yang memenuhi persyaratan sesuai ketentuan.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Sejumlah persyaratan untuk dapat menikmati hotel terapung di KM Kelud ini, antara lain memiliki tiket menonton MotoGP Mandalika 2022, memiliki sertifikat vaksin dosis dua, memiliki aplikasi PeduliLindungi, membawa alat perlengkapan mandi dan handuk pribadi, melakukan proses reservasi atau tidak menerima tamu walk-in,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (14/3/2022), seperti dilansir dari Bisnis.com.

Baca Juga: MotoGP Mandalika bakal Disuguhi Manuver Jupiter Aerobatic Team

Adapun, fasilitas di KM Kelud terdiri atas tempat tidur dengan kapasitas 1.500 orang, musala, dan kantin. Dalam layanan hotel terapung saat MotoGP Mandalika di KM Kelud ini tidak disediakan sarapan, namun tersedia kantin di kapal.

“Hotel terapung itu memiliki kapasitas 2.000 penumpang dan berlabuh di Dermaga Gili Mas, Kecamatan Lembar, Lombok Barat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu M. Faozal dalam keterangan tertulis di Praya, Kamis (18/3/2022), dikutip dari Antara.

Ia mengatakan K.M. Kelud sebagai hotel terapung siap melayani penonton MotoGP Mandalika 2022 yang digelar 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Helm Pembalap Dimotif Batik dan Aksara Jawa

Sebelumnya, Kantor Staf Presiden (KSP) menyatakan pemerintah terus memastikan ketersediaan penginapan atau hotel untuk wisatawan saat MotoGP Mandalika 2022. Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian mengatakan selain menyiapkan akomodasi di darat, pemerintah juga menyiagakan satu kapal besar dan lima kapal pinisi sebagai hotel terapung.

“Pelni siapkan KM Kelud berkapasitas 1.500 orang, sedangkan Pelindo menyiagakan lima kapal pinisi masing-masing berkapasitas 20 orang. Untuk reservasi dan penjualan diserahkan pada pemda NTB,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (13/3/2022).

Pemerintah juga telah melakukan berbagai simulasi, termasuk kelancaran pelayanan dan pengamanan di pelabuhan, tambahnya. “Ini terkait dengan operasional hotel terapung,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Kesibukan Penyelenggara dan Tim Jelang Balapan MotoGP Mandalika

 

Bus Gratis

Selain hotel terapung gratis, tersedia pula shuttle service Gili Mas–Mandalika pukul 06.00-12.00 Wita, Mandalika-Gili Mas pukul 12.00-06.00 Wita, dengan periode waktu 17-21 Maret 2022.

Dishub NTB juga menyiapkan 281 bus gratis untuk para penonton MotoGP. Saat ini terdapat 82 bus yang masuk Mataram dan langsung ditempatkan di pos masing-masing. “Selanjutnya, terdapat 201 bus yang masuk sehingga jumlah keseluruhan 283 bus,” katanya.

Dia memerinci dari 283 bus itu, masing-masing disiapkan di eks-Bandara Selaparang, Mataram, sebanyak 92 unit terdiri atas bus sedang dan 10 bus berkapasitas 40 penumpang.

Baca Juga: Sambut MotoGP Mandalika, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi

Selanjutnya di Bandara International Lombok sebanyak 27 unit, di Pelabuhan Kayangan 30 unit dengan kapasitas 18 kursi. “Untuk di Kayangan juga tersedia mobil HIC elf berbayar. Termasuk di Pelabuhan Lembar atau Gili Mas sebanyak 92 bus sedang dan Pelabuhan Bangsal sebanyak 42 mini bus,” katanya.

Ia menyebutkan tentang syarat orang masuk kawasan Mandalika. “Syarat untuk masuk kawasan Mandalika adalah memiliki tiket MotoGP, punya aplikasi PeduliLindungi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya