SOLOPOS.COM - Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Solo, Sri Widodo, menunjukkan bukti piagam CPD yang sempat diduga ada manipulasi di ruang pelayanan PPDB SMAN 3 Solo, Jumat (1/7/2022). (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLODinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah menyikapi serius adanya dugaan manipulasi piagam prestasi calon peserta didik (CPD) jenjang SMA negeri di Kota Solo. Nantinya piagam prestasi itu akan melewati pengecekan ketat saat daftar ulang PPDB pada tanggal 5-7 Juli 2022.

Kepala Cabang Disdikbud Jateng Wilayah VII, Suratno, saat diwawancarai Solopos.com, Minggu (3/7/2022), mengatakan akan ada screening ketat mengenai piagam yang dipakai CPD untuk mendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA negeri di Solo tahun ajaran 2022/2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mengenai adanya isu manipulasi piagam, nantinya dicek saat daftar ulang secara ketat. Para CPD akan membawa sertifikat atau piagam yang digunakan saat pendaftaran,” ucapnya.

Ancaman sanksi jika ada yang terbukti melakukan manipulasi piagam prestasi CPD SMA negeri di Solo tidak main-main. Apabila nantinya ketahuan ada piagam atau sertifikat yang palsu, CPD akan didiskualifikasi dan dianggap gagal dalam PPDB 2022.

“Bagi CPD yang nantinya ketahuan menggunakan sertifikat atau ijazah palsu, langsung didiskualifikasi dari PPDB 2022,”  lanjutnya. Suratno berharap verifikasi berkas yang dilakukan bisa mengurangi risiko CPD menggunakan sertifikat atau piagam palsu.

Baca Juga: Ada Kecurigaan Manipulasi Piagam CPD, Ini Kata Panitia PPDB SMAN 3 Solo

“Mudah-mudahan dengan verifikasi berkas kemarin sudah bisa meminimalisir hal tersebut,” tutupnya. Diberitakan sebelumnya, ada dugaan manipulasi piagam CPD salah satu SMA negeri di Solo pada PPDB tahun ini.

Informasi mengenai itu beredar di media sosial Twitter pada Kamis (30/6/2022). Disebutkan ada dua kejanggalan yang mengarah pada kecurangan saat input data piagam prestasi calon peserta didik.

Kejanggalan

Salah seorang siswa SMP di Solo yang meminta namanya dirahasiakan, kepada Solopos.com, Jumat (1/7/2022), mengatakan ada beberapa kejanggalan dalam input data piagam prestasi kejuaraan calon siswa tersebut. Ia menemukan ada dua kejanggalan pada piagam milik dua CPD SMAN 3 Solo.

Baca Juga: Banyak Anak Solo Jadi Korban Sistem PPDB SMA, Ganjar Pranowo Disomasi

Dua kejanggalan pada dugaan manipulasi piagam prestasi CPD SMA negeri di Solo itu, pertama, adanya kekeliruan tanggal penerimaan piagam kejuaraan yang mengindikasikan kedua CPD tak betul-betul ikut kejuaraan tersebut.

Kedua, diduga ada kesalahan pada kategori kejuaraan yang diinput saat pengajuan akun PPDB calon siswa bersangkutan. Menurutnya, salah satu dari dua CPD tersebut diduga keliru saat melakukan input kategori kejuaraan.

Seharusnya kejuaraan tidak berjenjang, namun diisi kejuaraan berjenjang. Hal itu dapat memengaruhi skor yang didapat CPD tersebut. Satu CPD tersebut diketahui menjuarai lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota/Kabupaten pada 2021 lalu.

Baca Juga: Server PPDB SMA/SMK Sempat Down, CPD Solo Ramai-Ramai Datangi Sekolah

Menurut pelapor, KSM merupakan kejuaraan tak berjenjang. Namun di data pendaftar, CPD menuliskannya menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Panitia PPDB SMAN 3 Solo sudah mengklarifikasi piagam dimaksud dan memastikan tidak ada manipulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya