SOLOPOS.COM - Salah satu pengunjung menaiki dinoride, di Potorono Edu Park, Jumat (15/7/2022). (Harian Jogja/Lugas Subarkah)

Solopos.com, BANTUL — BUM Desa Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY membuka wahana baru Potorono Edu Park.

Di sini, pengunjung bisa menikmati beberapa wahana. Salah satunya Taman Dinosaurus. Wahana ini digarap untuk mengembangkan ruang publik sebagai tempat rekreasi masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengelola Potorono Edu Park, Nur Basuki, menjelaskan Potorono Edu Park dibuka pada 5 Mei lalu atau setelah Idulfitri 2022. “Dari Unit BUM Desa Mekaring Pono, Potorono. Satu BUM Desa dengan Embung Potorono. Tapi beda unit,” ujarnya, Jumat (15/7/2022).

Potorono Edu Park masih satu kompleks dengan Embung Potorono. Pengunjung yang masuk ke area embung bisa berjalan lurus ke arah selatan mengikuti jalan tersebut sejauh 100 meter.

Anda akan mendengar suara dinoaurus meraung-raung. Ada beberapa wahana yang bisa dinikmati pengunjung di Potorono Edu Park, di antaranya Taman Dinosaurus.

Baca Juga : Mengejutkan! Pendapatan Umbul Ponggok Mulai Disalip Umbul Ini

Anda bisa menunggang dinosaurus, dinoride dan dino dokar, mainan berbentuk dinosaurus. “Dinoride khusus untuk anak-anak. Kalau dino dokar bisa dinaiki orang dewasa juga,” ujarnya.

Selain itu, di lokasi yqng sama terdapat minitrail untuk anak-anak, jemparingan mataraman, dan sekolah tari. Untuk masuk ke Potorono Edu Park ini pengunjung belum dipungut biaya, kecuali jika menggunakan wahana.

Tarif naik wahana masih terjangkau karena serba Rp10.000. “Bayar kalau mau naik wahananya saja. Kalau dinoride Rp10.000 per tiga menit. Kalau dino dokar satu putaran Rp10.000. Kalau yang minitrail Rp10.000 lima menit,” jelasnya.

Potorono Edu Park mulai dibangun setengah tahun lalu. Ini adalah inisiatif beberapa warga yang kemudian diajukan ke BUM Desa Potorono. Buka setiap hari, Potorono Edu Park beroperasi pukul 08.00 WIB-18.00 WIB. “Biasanya kalau sore ramai,” ceritanya.

Potorono Edu Park juga diharapkan dapat memacu perekonomian warga. Sejak Potorono Edu Park dibuka, sudah ada 20 warung yang dikelola warga sekitar. Mereka menjual makanan dan minuman.

Baca Juga : BUM Desa Parangjoro Sukoharjo Garap Unit Usaha Periklanan, Ada Apa?

Salah satu pengunjung, Arifin, datang ke Potorono Edu Park mengajak anaknya ke Taman Dinosaurus. “Anak saya suka di sini, bisa naik dinosaurus,” ujar dia.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ada Taman Dinosaurus di Potorono Bantul, Pengunjung Bisa Naik Dokar Dinosaurus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya