SOLOPOS.COM - Gedung MUI Pusat. (Mui.or.id)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat sejarah berdirinya Majelis Ulama Indonesia atau MUI di Tanah Air, organisasi yang mewadahi ulama dan cendekiawan muslim.

Perlu diketahui, baru-baru ini ada desakan MUI bubar di media sosial setelah ditangkapnya salah satu anggota Komisi Fatwa MUI, Ustaz Ahmad Zain An Najah oleh Densus 88 karena diduga terlibat dalam terorisme.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Oleh karena itu, di media sosial muncul desakan MUI untuk dibubarkan. Akan tetapi, ada pula dukungan agar organisasi satu ini tetap bertahan, salah satunya dari politis Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid.

Baca Juga:  Ayah Vanessa Angel Ajukan Hak Asuh Gala ke PN, Ini Alasannya

“Saya menolak framing untuk bubarkan MUI. Saya mendukung MUI, yg himpun Ormas2 Keagamaan Islam, yg Ketua Umum,Sekjend dan pengurusnya rata2 dari NU,Muhammadiyah& Ormas Moderat lainnya. MUI tolak Islamophobia dan terorisme,termasuk teror thd NKRI yg dilakukan separatis KKB Papua,” tulis dia di akun Twitter miliknya, @hnurwahid.

Terlepas dari itu, bagaimana sejarah atau awal mula MUI berdiri di Tanah Air?

Baca Juga: Potret Kedekatan Konglomerat Sukoharjo & Kenzo Si Harimau, Gemes Banget

Mengutip dari situs resmi MUI dan juga Erlangga.co.id, MUI berdiri pada 26 Juli 1975 di Jakarta.

Lahirnya MUI diawali dengan “PIAGAM BERDIRINYA MUI” di sebuah musyawarah para ulama, cendekiawan, dan zu’ama dari berbagai penjuru Tanah Air.

Baca Juga: Istri Dituntut Penjara Gegara Marahi Suami Mabuk, Netizen Auto Teriak

Dalam musyawarah tersebut dihadiri 26 ulama dari 26 provinsi Tanah Air, 10 ulama dari ormas-ormas besar Islam tingkat pusat, empat ulama unsur TNI dan Polri serta 13 tokoh atau cendekiawan.

Berdirinya MUI ini sebagai bentuk respons atas kebangkitan Indonesia setelah 30 tahun merdeka dan juga mengikutsertakan para ulama untuk menggerakakan kehidupan umat manusia Tanah Air.

Baca Juga:  Siapa Andry Sumampow, Konglomerat Sukoharjo yang Pelihara Harimau?

Selain Sejarah, Ini Tujuan Berdirinya MUI

Berikut ini tujuan berdirinya MUI secara lengkap:

1. Memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat Islam Indonesia dalam mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang diridai Allah SWT.

2. Memberikan nasihat dan fatwa mengenai masalah keagamaan dan kemasyarakatan kepada pemerintah dan masyarakat, meningkatkan kegiatan bagi terwujudnya ukhwah Islamiyah dan kerukunan antar-umat beragama dalam memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Menjadi penghubung antara ulama dan umaro (pemerintah) dan penterjemah timbal balik antara umat dan pemerintah guna mensukseskan pembangunan nasional.

4. Meningkatkan hubungan serta kerjasama antar organisasi, lembaga Islam dan cendekiawan muslimin dalam memberikan bimbingan dan tuntunan kepada masyarakat khususnya umat Islam dengan mengadakan konsultasi dan informasi secara timbal balik.

Baca Juga:  Dulu Dikenal Hot, 5 Artis Ini Sekarang Putuskan Berhijab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya