SOLOPOS.COM - Sejumlah pemgendara sepeda motor antre dan berhati hati saat melintas Ruas 21 Jalur Cinomati karena licin akibat adanya material longsor, Jumat (3/2/2023). Sudah ada belasan pengendara motor yang jatuh. - Dok. SAR DIY Distrik Bantul

Solopos.com, BANTUL — Material longsoran yang berceceran di Jalan Wonolelo Pleret-Terong Dlingo atau Jalur Cinomati, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuat licin jalanan. Akibatnya, belasan pengendara sepeda motor tergelincir dan terjatuh di jalan tersebut.

Kasi Operasional SAR DIY Distrik Bantul, Bondan Supriyanto, mengatakan longsor terjadi pada Jumat (3/2/2023) dini hari sekitar pukul 02.15 WIB. Pemerintah Kalurahan Terong dan sejumlah sukarelawan sebenarnya sudah meninjau lokasi, namun belum semua terkondisi sehingga material masih tersisa di jalan.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

“Pukul 06.30 WIB ada laporan masuk bahwa banyak kendaraan roda dua yang terjatuh karena material longsor,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Pihaknya bersama sejumlah unsur sukarelawan menuju lokasi dan benar kondisi jalan licin sehingga menyebabkan pengendara sepeda motor tergelincir.

“Karena memang waktu sibuk banyak yang berangkat kerja dan sekolah,” ujarnya.

Sebagian besar pengendara yang jatuh luka ringan. Namun ada juga korban yang dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Para sukarelawan kebencanaan langsung membersihkan jalanan dengan menyiram menggunakan ember. Namun, karena tidak efektif sehingga SAR DIY Distrik Bantul menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul untuk mendatangkan mobil pemadam kebakaran. Satu armada pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung menyemprot jalan di Ruas 21 Jalur Cinomati.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta mengatakan pihaknya akan mengantisipasi longsoran dengan memotong pepohonan yang tanahnya berpotensi longsor.

“Untuk lalu lintas buka tutup. Kita mengantisipasi longsoran yang berpotensi akan datang seandainya terjadi hujan lagi,” katanya.

Demikian pohon yang ada di atas bukit akan dipotong. Proses pembersihan material longsoran juga dibantu warga setempat. Tidak hanya BPBD dan sukarelawan kebencanaan yang datang, namun personel dari Dinas Perhubungan Bantul juga ke lokasi untuk memasang rambu-rambu lalu lintas.

Demikian aparat kepolisian juga turut membantu proses evakuasi material longsor. Selama proses pembersihan material longsor, Jalur Cinomati ditutup. Namun sekitar pukul 10.00 WIB jalan kembali dibuka untuk lalu lintas kendaraan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Longsor, Belasan Pengendara Motor Jatuh di Jalur Cinomati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya