SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Kira-kira benda apa yang lima kali lebih terang daripada bulan purnama, terbang di langit dan memiliki ekor panjang? Inilah yang menjadi pertanyaan warga Texas. Sebab pada Sabtu (8/11/2014) malam lalu tampak meteor yang membelah langit di Texas.

Mengenai fenomena alam ini, para ahli tengah melakukan investigasi secara detil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Inilah yang disebut sebagai bola api atau dikenal juga sebagai meteor yang lebih terang daripada planet Venus,” terang Bill Cooke, Kepala NASA’s Meteoroid Environment Office saat jumpa pers pada Minggu (9/11/2014) waktu setempat sesuai dikutip dari CNN.

“Meteor ini benar-benar sangat terang. Penampakannya sempat terekam kamera NASA di gunung New Mexico, sekitar 500 mil dari lokasi kejadian. Peristiwa ekstrim ini terbilang langka,” katanya.

Berdasarkan data dari kamera NASA, Cooke memperkirakan meteor ini memiliki empat kali lebih lebar, berat 4.000 pounds dan lebih terang lima kali lipat dari bulan purnama.

Dari peristiwa alam ini, The American Meteor Society menerima lebih dari 200 orang melaporkan penampakan ini. Melalui asal pelapor, dapat terlihat jangkauan penampakan bintang terang itu. Sementara waktu penampakan berkisar 20.45 waktu setempat,

Guna menggambarkan fenomena alam ini, seorang warga mengunggah video penampakan bola api itu di Youtube. Anda dapat menyaksikan di link berikut ini Video Bola Api di Langit Texas

Disinggung kemungkinan meteor itu mencapai bumi, Cooke mengatakan hal tersebut dapat terjadi. Saat ini, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan hingga mendeteksi radar yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya