Ada Bola Api Berekor di Langit Texas, Apa Itu?

Ada Bola Api Berekor di Langit Texas, Apa Itu?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA-Kira-kira benda apa yang lima kali lebih terang daripada bulan purnama, terbang di langit dan memiliki ekor panjang? Inilah yang menjadi pertanyaan warga Texas. Sebab pada Sabtu (8/11/2014) malam lalu tampak meteor yang membelah langit di Texas.

Mengenai fenomena alam ini, para ahli tengah melakukan investigasi secara detil.

“Inilah yang disebut sebagai bola api atau dikenal juga sebagai meteor yang lebih terang daripada planet Venus,” terang Bill Cooke, Kepala NASA’s Meteoroid Environment Office saat jumpa pers pada Minggu (9/11/2014) waktu setempat sesuai dikutip dari CNN.

“Meteor ini benar-benar sangat terang. Penampakannya sempat terekam kamera NASA di gunung New Mexico, sekitar 500 mil dari lokasi kejadian. Peristiwa ekstrim ini terbilang langka,” katanya.

Berdasarkan data dari kamera NASA, Cooke memperkirakan meteor ini memiliki empat kali lebih lebar, berat 4.000 pounds dan lebih terang lima kali lipat dari bulan purnama.

Dari peristiwa alam ini, The American Meteor Society menerima lebih dari 200 orang melaporkan penampakan ini. Melalui asal pelapor, dapat terlihat jangkauan penampakan bintang terang itu. Sementara waktu penampakan berkisar 20.45 waktu setempat,

Guna menggambarkan fenomena alam ini, seorang warga mengunggah video penampakan bola api itu di Youtube. Anda dapat menyaksikan di link berikut ini Video Bola Api di Langit Texas

Disinggung kemungkinan meteor itu mencapai bumi, Cooke mengatakan hal tersebut dapat terjadi. Saat ini, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan hingga mendeteksi radar yang ada.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago