Ada Beragam Jenis Pipa di Pasaran, Kenali Karakter dan Fungsinya!

Kenali berbagai macam jenis pipa dan fungsinya yang banyak dijual di pasaran dan dibutuhkan untuk kebutuhan rumah!
SHARE
Ada Beragam Jenis Pipa di Pasaran, Kenali Karakter dan Fungsinya!
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pipa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Pipa adalah komponen penting di setiap hunian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Beragam jenis pipa secara umum berfungsi sebagai media untuk melindungi benda lain atau perantara penyaluran.

Sebagai contoh, pipa air untuk membantu menyalurkan air dari sumber ke wadah penampungan. Ada juga pipa untuk kabel listrik yang berfungsi melindungi kabel supaya tidak membahayakan orang-orang di sekitar, pelindung kabel listrik agar tidak mudah terkelupas, serta merapikan kabel listrik.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Jenis-Jenis Pipa yang Umum Dijual di Pasaran

1. Paralon/Pipa PVC

Pipa kabel yang terbuat dari material PVC sangat mudah ditemukan di toko bangunan. Pipa jenis PVC sendiri memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya layak dipilih, seperti pengerjaannya lebih mudah, bobotnya lebih ringan, bahan isolasi yang baik, dan tidak susah dibengkokkan.

Baca Juga: 7 Jenis Batuan Alam untuk Mempermanis Desain Rumah

Sehingga, pemasangan pipa kabel PVC tidak berisiko mengalami hubungan pendek di antara pipa dan penghantar listrik. Pipa PVC sangat bagus dipakai di daerah lembap. Namun, kelemahan pipa PVC adalah cepat rusak ketika dipasang di tempat bersuhu 60 derajat Celcius.

Pipa PVC yang biasa dijual di pasaran memiliki ukuran panjang empat meter.

2. Pipa Union

Pipa jenis union dibuat dari material pelat besi dan diproduksi langsung oleh pabrik tanpa melewati proses las. Ciri khas pipa kabel antara lain mudah dipotong, mudah dibengkokkan ketika dingin, harga ramah di kantong, dan mudah dibeli di mana saja.

Secara umum, pipa union dipilih untuk pemasangan kabel di tempat kering sebagai pencegah karat atau korosi. Pipa union yang mudah dipotong membuat proses installasi listrik semakin cepat.

3. Pipa Galvanis

Pipa jenis galvanis adalah pipa kabel listrik yang berbahan dasar besi dan bagian luarnya dilapisi oleh pelindung seng untuk mencegah terjadinya korosi. Pipa listrik galvanis umumnya dipakai untuk tiang lampu taman dan dak standar.

Baca Juga: Mau Bikin Tangga di Rumah, Ini 7 Bentuk Paling Populer

Jika dibandingkan jenis pipa listrik lain, pipa galvanis menjadi yang paling jarang digunakan.

4. Pipa Fleksibel

Sesuai namanya, pipa kabel listrik satu ini memiliki sifat lentur atau mudah diatur sesuai kebutuhan pengguna. Pipa jenis ini terbuat dari logam pendek dan disambung-sambung sedemikian rupa.

Fungsi pipa fleksibel meliputi banyak hal, seperti melindungi peralatan yang menggunakan motor listrik atau kabel dari dak standar menuju ke meter pembatas listrik.

Berbagai Jenis Pipa, Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Di Indonesia, semakin banyak jenis produk pipa yang dijual, baik yang diproduksi dari dalam negeri maupun pipa impor seperti pipa dari China.

Seperti produk lainnya, produk dari China memang selalu dikenal dengan harga murah dan kualitas yang cukup baik. Terlebih, kini para pengusaha semakin dimudahkan ketika ingin impor barang dari China.

Baca Juga: Pipa Air Bersih di Seputaran Calon Ibu Kota Baru Rp44,3 M

Sehingga, jangan kaget apabila sekarang banyak pilihan merek pipa dari China di pasaran! Namun, jangan sampai terlena dengan harga murah jika spesifikasi tidak sesuai kebutuhan.

Tidak perlu khawatir harus membayar lebih jika memang kualitas yang didapat adalah yang terbaik dan sesuai kebutuhan Anda! Pipa adalah barang yang dibeli dengan tujuan jangka panjang.

Demikan pembahasan ringkas tentang jenis pipa yang umum dijual dan kegunaannya. Semoga bermanfaat!



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago