[ X ] CLOSE

Ada Aturan Makan di Tempat Maksimal 20 Menit, Begini Tanggapan Pelaku Usaha Kuliner di Boyolali

Sesuai ketentuan baru pada PPKM Level 3 di Kabupaten Boyolali, warga boleh makan di warung makan namun dengan batasan waktu 20 menit saja.
Ada Aturan Makan di Tempat Maksimal 20 Menit, Begini Tanggapan Pelaku Usaha Kuliner di Boyolali
SOLOPOS.COM - Warga berada di salah satu warung makan di Boyolali, Kamis (29/7/2021). Pada PPKM Level 3, warga dibolehkan makan di warung makan, namun dengan kapasitas dan waktu yang dibatasi. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Meski dinilai tidak mudah, sebuah warung makan di Boyolali tetap berupaya untuk menerapkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Sesuai ketentuan baru pada PPKM Level 3, warga boleh makan di warung makan namun dengan batasan waktu 20 menit saja.

Pengelola salah satu warung makan di Boyolali, Dwi Jayadi, mengatakan selama ada ketentuan PPKM, pihaknya berupaya untuk mematuhinya. Termasuk ketentuan baru, ketika pengunjung hanya boleh makan di warung maksimal 20 menit. Salah satu caranya adalah dengan memasang pemberitahuan.

Baca Juga: Kematian Pasien Corona di Soloraya Tinggi, BNPB: Butuh Perhatian Khusus

“Kami mengikuti anjuran pemerintah, supaya bisa makan di tempat maksimal 20 menit. Kami sampaikan ke pelanggan agar bisa jaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan. Sementara sampai saat ini tidak ada komplain,” kata dia, Kamis (29/7/2021).

Mengenai aturan tersebut, sebenarnya menurutnya cukup sulit diterapkan. Sebab masing-masing menu, memiliki waktu berbeda dalam penyiapannya. Sedangkan untuk waktu bagi para pengunjung saat makan, rata-rata 20 menit sudah cukup.

Selama pelaksanaan PPKM, dia mengaku warungnya sempat didatangi oleh tim satgas penanggulangan Covid-19 untuk diberi edukasi penerapan protokol kesehatan dan ketentuan PPKM. “Kami juga berupaya menyiapkan alat cuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer,” lanjut dia.

Baca Juga: 50 PKL Sragen Dites Swab Antigen Dulu Sebelum Ambil Bantuan Sembako

Salah satu pelanggan, Gunawan, mengatakan cukup kaget dengan adanya tulisan peringatan batas waktu makan. Meskipun dia memaklumi hal itu merupakan aturan pemerintah. “Ini salah satu cara menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, ya bagus lah,” kata dia.

Dia mengatakan untuk waktu yang diperlukan untuk menyantap menu makanan yang sudah siap saji, 20 menit sudah cukup. Namun jika 20 menit itu juga mencakup waktu untuk menghidangkan menu, menurutnya hal itu tergantung menu yang disiapkan.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago